top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Bara Pattiradjawane: Pete Yes, Kikil No!!

Nama Bara Pattiradjawane tentu sudah tak asing di telinga masyarakat Tanah Air. Selain dikenal sebagai tukang masak, ia juga sering muncul sebagai bintang iklan beberapa produk kuliner. Dijumpai di sebuah acara, pria yang akrab disapa Opa Bara itu bercerita jika ia suka makan.


Saking sukanya makan, hingga apapun makanannya ia pasti suka dan mau makan. Meski demikian, ada satu makanan yang dia tidak mau makan, yakni kikil. Menurutnya kikil itu aneh, karena teksturnya tidak lembek dan tidak keras. “Saya nggak ngerti dengan kikil. Keras enggak, lembek enggak, apa sih!!! Kayak makan plastik direbus,” terang pria kelahiran Jakarta, 9 Juli 1964 itu.

Satu sisi tidak suka dengan kikil, namun siapa sangka jika pria yang akrab disapa Opa Bara itu sangat suka dengan pete alias petai. Saking cintanya dengan pete, sekali makan pete ia bisa menghabiskan hingga dua papan pete sendirian.

“Pete itu enak banget! Nggak bisa diterangkan kenapa pete itu bisa enak. Pete selalu ada di kulkas. Kalau pas nggak nafsu makan atau nggak cocok sama lauknya, langsung nyambel sama pete langsung… nyamm,” tambahnya. Pete yang ia konsumsinya biasanya dibakar sekulitnya atau dimasak oseng. Namun, ia mengaku tidak suka dengan pete yang dimakan dalam keadaan mentah.


Foto pete: Dok. Istimewa

bottom of page