• Novi Amaliyah

Beda Cacao dan Cocoa


Cocoa powder atau juga lebih dikenal dengan cokelat bubuk adalah bahan yang umum, banyak digunakan untuk membuat cake ataupun membuat minuman cokelat panas. Sedangkan istilah cacao mungkin kurang begitu dikenal. Namun setelah beberapa tahun belakangan dimana orang-orang mulai peduli dengan kesehatan, kembali ke produk-produk alami serta lebih menghindari makanan yang sudah diproses, cacao menjadi salah satu bahan makanan favorit dan banyak dicari. Dari tampilan keduanya memang mirip dan berasal dari bahan baku yang sama, secara umum proses produksilah yang membedakan keduanya. Biji kakao berbentuk seperti kacang yang didapat dari buah tanaman kakao sebagai bahan untuk membuat coklat dan cocoa biasanya mengacu pada coklat bubuk untuk bahan pembuat coklat yang seperti kita kenal banyak ragamnya.

Istilah Cacao

Nama botani untuk pohon bagaimana asal coklat berasal adalah Theobroma Cacao. Kata cacao atau kakao berasal dari orang Olmec yang mendiami tempat yang sekarang disebut Meksiko, dan diyakini pengucapannya paling dekat dengan nama asli tanaman tersebut. Sejarah mencatat bahwa coklat kemudian berpindah tangan dari Olmec ke Maya dan ke bangsa Spanyol, kemudian menyebar ke seluruh Eropa hingga kemudian menjadi salah satu makanan yang mendunia.

Kakao atau cacao berasal dari biji kakao yang dikeringkan kemudian difermentasi, selanjutnya biji ini diproses dengan suhu rendah hingga lemaknya terpisah menjadi cacao butter. Kakao memiliki kandungan antioksidan tinggi dan rasanya agak pahit. Kakao juga sering diberi label raw bean atau biji mentah dan dikemas sebagai coklat vegan karena tidak melalui banyak proses pengolahn serta tanpa bahan tambahan lainnya.


Sedangkan cocoa diproduksi dengan cara yang sama namun cocoa diproses kembali menggunakan suhu yang tinggi saat dipanggang untuk menghilangkan kadar keasamannya sehingga rasanya lebih ringan dan tidak sepahit kakao. Cocoa kemudian diproses menjadi berbagai olahan coklat mulai dari coklat batangan hingga coklat bubuk. Produk coklat ini seperti yang kita kenal luas dimana ditambah dengan bahan lain seperti gula, susu dan lainnya. Jadilah coklat yang kita kenal seperti dark chocolate, milk chocolate maupun coklat yang berwarna putih.


© 2019 yukmakan channel