• Maria Yuliana Kusrini

Borobudur Cooking Competition - Suguhkan Sajian Khas Sulawesi Selatan

Hotel Borobudur Jakarta bersama Media Kuliner Yukmakan mengadakan sebuah kegiatan menarik bertajuk 'Borobudur Cooking Competition'. Acara yang berupa kompetisi atau lomba masak itu juga turut melibatkan pihak lain, yakni Electronic City Indonesia dan juga Oxone. Digelar di area Hotel Borobudur Jakarta pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 lalu, kompetisi pun berlangsung meriah dan seru.



Borobudur Cooking Competition melibatkan 9 tim yang setiap timnya terdiri dari 2 orang. Masing-masing tim diharuskan memasak satu buah menu utama dari daerah Sulawesi Selatan. Aneka bahan baku, resep, hingga teknik pemasakan telah dipersiapkan dengan baik oleh setiap tim yang turut berlomba. Antusiasme setiap peserta juga sudah sangat terlihat dari awal, sebelum acara kompetisi dimulai. Ada 4 orang juri yang memberikan penilaian kepada setiap tim yang berkompetisi, yakni Chef Made sebagai perwakilan dari Hotel Borobudur Jakarta, Aletta Sumampouw perwakilan dari Media Kuliner Yukmakan, Chef Patrick Ramon sebagai juri tamu, dan Chef Ranna sebagai juri tamu yang didatangkan langsung dari daerah Sulawesi Selatan.



Di kompetisi dengan proses memasak sekitar satu jam ini, juri melakukan beberapa penilaian penting pada setiap tim. Mulai dari citarasa masakan yang disuguhkan, presentasi atau cara penyajian (plating) yang menarik, kekompakan tim, hingga kebersihan area memasak. Setiap peserta kompetisi pun berusaha menyuguhkan sajian terbaik mereka. Ada yang membuat Coto Makassar, Konro, Pallumara, Ikan Dabu-dabu, Nasu Likku (ayam bumbu lengkuas), Tappo Ladda (rendang ala Makassar), dan lainnya. Produk dapur dan alat masak dari Oxone pun disediakan untuk memudahkan setiap peserta dalam menciptakan masakan terbaiknya.



Pada kompetisi ini dipilih 3 orang tim sebagai pemenangnya, yakni pemenang 1, pemenang 2, dan pemenang 3. Setiap pemenang mendapatkan hadiah berupa plakat, uang tunai, voucher makan di Hotel Borobudur Jakarta, dan juga produk persembahan dari Oxone. Setiap peserta juga mendapatkan goodie bag dari Yukmakan dan juga sertifikat. Pada kesempatan itu, setiap peserta dan semua yang datang ke acara Borobudur Cooking Competition juga dihibur dengan tarian Sulawesi dan tarian Nusantara yang begitu memukau. Kompetisi memasak pun diakhiri dengan sesi foto bersama dan saling mencicip hasil masakan satu sama lain.