top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Cara Kembalikan Minat & Selera Makan Anak

Seseorang pasti pernah mengalami masa dimana sedang malas atau kehilangan selera makan. Umumnya hal ini akan terjadi pada usia anak-anak dan mereka yang sedang sakit atau tidak enak badan. Turunnya selera dan minat anak untuk makan, tentunya akan menjadi sebuah masalah tersendiri pada orang tua, khususnya kaum ibu. Melihat fenomena ini, yuk cari tahu cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengembalikan selera makan pada anak.



Kebanyakan orang tua dan ibu akan merasakan kekhawatiran jika buah hatinya tiba-tiba kehilangan selera makan. Alasan itu tentu didasari oleh banyak fakta dan berbagai efek negatif yang bisa terjadi sesudahnya. Anak yang kehilangan selera ditakutkan akan mempengaruhi kesehatan anak, turunnya berat badan, tumbuh kembang, dan tak menutup kemungkinan jika nantinya akan berpengaruh pada daya ingat, kecerdasan, hingga hal penting lainnya.


Melihat fenomena yang terjadi pada anak yang kehilangan selera makan, maka orang tua wajib untuk mengupayakan berbagai cara. Tujuannya, tentu saja untuk mengembalikan minat dan selera makan anak. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengajak anak untuk ikut serta dalam menyiapkan makanan. Dengan melibatkan anak dalam pross memasak atau menyiapkan makanan yang hendak dimakan, maka akan memunculkan semangat dan minat makan untuk mengonsumsi makanan yang sudah ia buat sendiri. Anak pun juga akan memiliki pengalaman baru yang menyenangkan saat menyiapkan makanan bersama orangtuany.


Hal kedua yang bisa dilakukan adalah menciptakan atau membuat waktu makan jadi sesuatu kegiatan yang menyenangkan. Ketika makan bersama dengan seluruh anggota keluarga, hendaknya orang tua bisa menghadirkan lingkungan makan yang lebih positif. Moment saat makan bersama ini juga bisa dijadikan sebagai waktu yang menyenangkan untuk anak berhubungan dengan keluarga, khususnya orang tuanya. Serunya kegiatan makan bersama keluarga itu pun akan meningkatkan selera dan minat makan anak.


Langkah selanjutnya, orang tua bisa memberikan variasi menu berbeda pada anak. Tujuannya, agar anak merasa tidak bosan dengan menu-menu yang mungkin sudah sering mereka konsumsi selama ini. Orang tua pun bisa memperkenalkan ragam makanan baru bagi anak. Diharapkan anak akan merasa penasaran dengan makanan baru yang terhidang, kemudian mencicipinya. Dari situ pun diharapkan minat dan selera makan anak bisa kembali lagi.


Orang tua juga dapat menghadirkan makanan dalam bentuk yang menarik atau lucu dan berwarna-warni. Hal itu dinilai bisa membantu dalam meningkatkan minat anak pada makanan. Tak hanya itu saja, orang tua juga bisa memberikan suplemen tambahan kepada anak agar nafsu makannya bisa kembali seperti sedia kala dan terjaga dengan baik.


Meski demikian, orang juga juga perlu ingat agar tidak memaksa anak untuk makan atau memberikan tekanan berlebihan. Apabila itu dilakukan maka bisa membuat anak semakin enggan makan. Beri kesempatan dan ruang juga pada anak untuk mengendalikan keinginan makannya, namun orang tua tetap harus bisa mengontrol dan memastikan kebutuhan nutrisi anak tercukupi dengan baik.


Comments


bottom of page