• Novi Amaliyah

Cara Praktis Mematangkan Mangga


Siapa tak suka menikmati manis dan segarnya daging buah mangga. Apalagi jika dibuat campuran es buah untuk berbuka puasa. Selain menyegarkan, buah satu ini juga mengandung banyak vitamin seperti A dan C serta kalium. Buah tropis satu ini juga termasuk buah yang memiliki kandungan 80% vitamin yang dibutuhkan untuk memperbaiki sel kulit.

Namun bagaimana jika buah mangga yang kita beli ternyata belum benar-benar matang dengan sempurna. Meski sebagian orang ada yang menyukai menikmati daging buah mangga yang belum matang dengan citarasa sedikit asam dan manis, namun sebagaian orang lebih menyukai mangga matang dengan citarasa yang manis.


Biasanya pedagang menggunakan karbit untuk mematangkan buah mangga. Selain menggunakan karbit kita juga bisa mematangkan buah mangga dengan cara lebih alami. Seperti membungkusnya dengan kertas atau koran, bisa juga meletakkan buah apel atau pisang yang sudah matang secara bersamaan. Kedua buah ini mengeluarkan gas etilen secara alami, dimana gas inilah yang berperan mematangkan buah lebih cepat.


Selain itu kamu juga bisa menggunakan soda kue, sepeerti langkah - langkah di bawah berikut ini.

  1. Campur soda kue dan air secukupnya.

  2. Tuang atau percikan cairan campuran soda kue dan air ke kertas atau kertas koran yang akan digunakan untuk membungkus mangga. Pastikan jangan terlalu basah. Setelah itu bungkus mangga dengan kertas tersebut.

  3. Simpan mangga di suhu ruang. Tunggu 1 - 3 hari di suhu ruangan, tergantung pematangan yang diinginkan.

Foto: Dok.Pixabay