• Novi Amaliyah

Chia Seed Superfood Kaya Omega 3 Peninggalan Suku Aztec



Beberapa tahun belakangan gaya hidup sehat mulai populer di kalangan kaum urban. Hidup sehat dengan mulai aktif berolahraga rasanya belum cukup jika tidak diimbangi dengan konsumsi asupan makanan yang sehat. Kepedulian akan asupan makanan yang sehat ini juga yang membuat beberapa makanan super food menjadi populer seperti chia seed.


Chia seed atau biji chia adalah biji yang sekilas mirip dengan selasih yang berasal dari keluarga Salvia Hispanica, tanaman berbunga dalam keluarga mint (Lamiaceae) yang berasal dari Amerika Tengah, atau dari Salvia Columbariae di bagian barat daya Amerika Serikat dan Meksiko. Biji chia berbentuk oval dan abu-abu dengan bintik-bintik hitam dan putih, memiliki diameter sekitar 1 milimeter (0,04 in). Bijinya bersifat hidrofilik dimana mampu menyerap hingga 12 kali beratnya dalam cairan ketika direndam. Biji chia mengembangkan lapisan mucilaginous yang memberi makanan dan minuman berbasis chia tekstur gel yang khas.

Beberapa bukti bahwa tanaman tersebut banyak dibudidayakan oleh suku Aztec pada masa pra-Columbus dan merupakan makanan pokok bagi budaya Mesoamerika. Benih chia ditanam dalam skala kecil di tanah leluhur mereka di Meksiko tengah dan Guatemala dan secara komersial bisa dijumpai di seluruh Amerika Tengah dan Selatan.

Chia seed termasuk dalam superfood karena memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Dengan mengonsumsi 2 sendok makan chia seed mengandung 100% bahkan lebih omega 3 dibandingkan dengan mengonsumsi ikan salmon. Chia seed juga memiliki kandungan 64% dibandingkan pisang, serta mampu memenuhi 41% kebutuhan serat harianmu serta mengandung 5 kali kalsium susu sapi. Chia seed juga kaya akan antioksidan, dimana 2 kali lebih tinggi dibandingkan blueberry serta 3 kali kaya akan zat besi dibandingkan bayam, chia juga kaya kandungan protein dan magnesium.

Untuk menikmati chia seed dengan lebih nikmat, kamu bisa berkreasi dengan membuat pudding chia seed yang direndam selama selama semalaman. Rendaman ini bisa menggunakan paduan susu kacang almond, susu kedelai atau susu segar, sesuaikan saja dengan selera. Kamu juga bisa menambahkan kacang-kacangan, buah kering atau buah segar untuk memberikan tekstur, sebagai pemanis bisa ditambahkan sedikit madu atau pemanis dari lontar yang lebih rendah kalori. Selamat mencoba.


© 2019 yukmakan channel