top of page
  • Novi Amaliyah

Chocolate Bundt Cake


Chocolate Bundt Cake
Chocolate Bundt Cake

Bahan


Chocolate Cake 227 gr Tepung serbaguna 227 gr Kopi seduh panas 227 gr Mentega tawar 84 gr Cacao bubuk alami tanpa pemanis 396 gr Gula pasir 3/4 sdt Baking powder 1/2 sdt Soda kue 3/4 sdt Garam 121 gr Buttermilk 2 btr Telur besar 2 sdt Ekstrak vanila murni

Chocolate Glazing 43 gr Mentega tawar 170 gr Dark chocolate atau semisweet 113 gr Gula bubuk, diayak 113 gr Krim kental 1 sdt kstrak vanila murni


Cara membuat

  1. Semprotkan loyang kue Bundt dengan cooking spray atau olesi dengan mentega cair, lalu taburi dengan tepung secara merata. Pastikan semua sudut dan celahnya juga tertutup sempurna agar mudah saat mengeluarkan cake dari loyang. Panaskan oven dengan suhu 350 derajat celcius.

  2. Dalam panci sedang di atas api kecil, kocok perlahan kopi, mentega tawar, dan bubuk kakao sampai mentega meleleh. Angkat dari api dan biarkan dingin.

  3. Dalam mangkuk sedang, campurkan tepung serbaguna, gula pasir, baking powder, baking soda, dan garam. Sisihkan.

  4. Dalam mangkuk besar, kocok buttermilk, telur, dan ekstrak vanila hingga tercampur rata. Tambahkan campuran kopi-cokelat dan campuran tepung-gula ke dalam campuran buttermilk-telur. Aduk hingga rata dan tercampur rata.

  5. Tuang adonan ke dalam cetakkan bundt yang sudah disiapkan sebelumnya.

  6. Panggang cake 45 - 55 menit.

  7. Setelah matang, biarkan dingin kemudian keluarkan dari cetakkan dan biarkan dingin di atas cooling rack.

  8. Dalam panci sedang, campur mentega tawar, keping cokelat, gula bubuk, krim kental, dan ekstrak vanila. Panaskan dengan api kecil, aduk terus, hingga campuran meleleh dan halus sambil terus diaduk selama 4 - 5 menit. Jika campuran terlalu kental, tambahkan lebih banyak krim kental dengan sendok makan sampai mencapai konsistensi glazing yang diinginkan.

  9. Tuang chocolate glazing hangat di atas cake dan biarkan meleleh menutupi permukaan cake.



bottom of page