• Maria Yuliana Kusrini

Cicipi 12 Sajian Istimewanya Txoko Jakarta

Restoran Txoko Jakarta menawarkan hidangan khas Spanyol otentik, khususnya wilayah Basque. Basque yang merupakan salah satu suku atau etnis di Spanyol bagian timur laut ini mengedepankan sajian dengan menggunakan bahan-bahan segar. Berbagai bahan yang digunakan itu pun bisa berbeda-beda, tergantung dari musim yang sedang berlangsung. Dari sekian banyak menu yang dimiliki, berikut ini 10 sajian istimewa yang wajib dipesan saat berada di Txoko Jakarta.


1. Roti dengan 4 Pilihan Butter

Sebagai sajian pembukanya, jangan lewatkan untuk menikmati rotinya. Selain rotinya yang lembut, butter yang menemaninya pun demikian unik. Berbeda dengan butter pada umumnya, butter di tempat ini terdapat 4 pilihan rasa berbeda dengan warna yang juga berbeda. 4 butter itu adalah Mushroom (berwarna abu-abu), Beet Root (berwarna merah), Tomato (berwarna oranye), dan Spinach (berwarna hijau).


2. Gilda “King of Pintxo”

Pintxo merupakan salah satu jenis makanan khas dari wilayah Basque. Secara tampilan, pintxo mirip dengan tapas namun dengan porsi yang sedikit lebih kecil. Gilda “King of Pintxo” ini memadukan beberapa bahan, yakni zaitun hijau, cabai berwarna hijau, dan olahan seafood. Zaitun hijau dan cabai hijaunya utuh yang diacar sehingga memiliki citarasa yang asam. Ketiga bahan ini ditusuk menjadi satu dan untuk memakannya, dimakan secara bersama-sama.



3. Eggplant & Feta Cheese Croquetas

Disajikan dalam wadah kayu beralaskan biji kacang hijau, olahan kroket ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Kroket yang berasal dari terong dan keju ini memiliki tekstur lembut dengan citarasa gurih yang demikian lezat.




4. Burrata Salad with Red Pesto Dressing

Salad yang satu ini hadir dalam piring hijau. Dipenuhi dengan berbagai sayuran segar (bayam jepang, rocket salad, hingga selada merah dan hijau) yang disandingkan dengan keju burrata di bagian tengahnya. Sebagai sausnya terdapat red pesto yang menemani dan menambah citarasa dari sajian itu.



5. Australian Beef Tartare

Makanan ini berupa daging sapi yang dipotong kecil-kecil kemudian disajikan bersama dengan campuran saus tartare. Selain rasanya yang unik, olahan ini juga istimewa karena disajikan dalam wadah khusus yang berupa bekas botol yang dibelah dua.


6. Grilled Octopus with Boletus Cream

Menjadikan gurita atau octopus sebagai bahan utamanya, sajian satu ini memiliki citarasa yang pas di lidah. Saus bernama Bolentus Cream yang berwarna abu-abu kecoklatan yang menambah nikmat rasa dari si octopus bakar. Daging octopus yang sudah terpotong-potong memiliki tekstur kenyal tapi tidak a lot saat disantap.


7. Marinated Salmon with Mustard Ice Cream

Sajian ini menggunakan ikan salmon mentah sebagai bahan utamanya. daging ikan salmon segar dipotong kecil berbentuk kotak yang disandingkan dengan saus dan ditemani dengan mustard yang dihadirkan dalam tampilan es krim. Gurih dan lembutnya salmon begitu nikmat saat dipadukan dengan es krim mustard yang dingin.


8. Spanish Omelette “Lasao”

Secara tampilan, sajian satu ini memang menyerupai omelet alias telur dadar. Namun dengan diameter yang lebih kecil dan lebih tebal. Omelet ini begitu familiar di lidah karena menggunakan telur sebagai bahan utamanya. Selain telur, sebagai isiannya terdapat potongan kentang. Omelet unik ini ditemani saus berwarna oranye dan diberi topping berupa rocket salad segar.



9. Artichokes with Clams

Penyuka kerang putih, bisa menjajal sajian satu ini. Si kerang putih diolah bersamaan dengan artichokes yang disajikan dalam masakan berkuah putih. Sajian ini memiliki citarasa cenderung asin.




10. Garlic Prawns Pret-A-Porter

Menjadikan udang sebagai bahan utamanya, sajian ini sepintas mata memiliki tampilan layaknya pizza. Udang yang sudah diiris sangat tipis kemudian disajikan dalam piring pipih dan disajikan bersamaan dengan bawang putih dan saus berwarna coklat dan oranye. Rasa bawang putih bakarnya demikian mendominasi sajian satu ini.


11. Seaweed with Squid Mellow Rice

Olahan nasi berwarna hijau ini memiliki rasa yang terbilang unik. Nasinya memiliki tekstur yang demikian lembut, nyaris menyerupai bubur dengan citarasa gurih dan asin yang pas di lidah. potongan cumi-cumi yang lembut sebagai toppingnya menemani si nasi.


12. Idiazabal Cheese Cake with Honey Ice Cream

Sebagai sajian penutupnya. Txoko Jakarta menjadikan Idiazabal Cheese Cake with Honey Ice Cream sebagai sajian unggulannya. Cakenya memiliki tekstur yang baik dengan rasa keju yang gurih memikat, dingin dan lembutnya es krim menjadi penambah sempurna dari sajian ini.



Txoko Jakarta

Jl. Suryo No. 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

021 – 27082215

© 2019 yukmakan channel