• Maria Yuliana Kusrini

Daya Tarik Hua Hin & Bangkok, Thailand

Yukmakan bersama Wisata Thailand mengadakan trip wisata ke Hua Hin dan Bangkok selama 4 hari 3 malam. Trip ini diperuntukkan bagi 10 orang pemenang kompetisi menulis tentang kuliner Thailand dan beberapa member Yukmakan. Perjalanan menyusuri keindahan Hua Hin – Bangkok ini berlangsung 18 – 21 Februari 2017.


Hua Hin

Khao Luang Cave jadi tujuan pertama. Goa indah yang di dalamnya terdapat banyak patung Budha ini sekaligus dijadikan sebagai area untuk berdoa. Untuk masuk ke dalam guanya, kita harus menuruni tangga yang curam. Banyaknya monyet di area ini membuat daya tarik dan kekhasan tersendiri.

Kunjungan berikutnya adalah Swiss Sheep Farm yang menjadi bagian dari Distrik Cha Am, Phetchaburi. Di tempat ini, kita bisa menyaksikan beragam hewan, mulai dari domba, kuda, kuda poni, ayam, dan lainnya. Kita juga berkesempatan untuk memberikan makanan pada hewan itu. Peternakan ini memiliki area yang cukup luas dengan pemandangan indah menawan di sebuah lembah. Beberapa area pun disulap menjadi spot menarik untuk foto atau berselfie.

Tak jauh dari Swiss Sheep Farm, terdapat Santorini Park yang indah dan tepat dijadikan area berfoto. Jika sebelumnya kita berada di Swiss maka sekarang kita bergeser ke Yunani. Santorini Park ini merupakan taman rekreasi yang dipenuhi dengan toko-toko yang menjual berbagai souvenir. Bangunannya didominasi dengan perpaduan cat warna biru terang dan putih. Datang ke tempat ini wahana permainan kincir raksasa atau bianglala langsung mencuri fokus.


Petualangan hari pertama pun diakhiri di Cicada Market. Berlokasi di Khao Takieb-Hua Hin Road, tempat ini dijual berbagai produk buatan seniman seperti kerajinan tangan, pakaian, dan souvenir lainnya. Berbagai macam kuliner khas Thailand tersedia, mulai dari Pad Thai, Mango Sticky Rice, Tomyum, Thai Coconut Ice Cream, aneka sate seafood, dan masih banyak lainnya ada di sini. Untuk berbelanja makanan di tempat ini, kita harus menukarkan uang dengan kupon khusus terlebih dulu.


Esok harinya, Wat Huay Mongol yang berupa komplek candi sekaligus kuil jadi kunjungan pertama. Di sini terdapat patung besar Luang Por Tuada, seorang biarawan terkenal yang mampu mengubah air laut yang asin menjadi air tawar yang bisa diminum. Keindahan dan daya tarik lainnya juga bisa kita jumpai di tempat ini, salah satunya terdapat Pohon Sala yang biasanya tumbuh di dalam hutam gelap. Pohon ini mampu mengeluarkan bunga yang indah dan harum dari batangnya.


Petualangan bersambung ke Damnoen Saduak Floating Market. Di sini bisa merasakan sensasi menyusuri sungai dengan naik perahu dayung ataupun perahu mesin. Di kanan kiri bibir sungai, terdapat berbagai souvenir yang dijajakan oleh penjual setempat, termasuk aneka makanan. Tidak sedikit penjual yang menjajakan dagangan mereka dengan menggunakan perahu. Untuk berbelanja di tempat ini, kita tinggal bilang “stop” ke pendayung saja.


Bangkok

Chatuchak Market menjadi destinasi selanjutnya. Pasar super besar yang hanya buka weekend ini, terdapat segala jenis barang dan kebutuhan. Buat yang hobi belanja dan kulineran, Chatuchak ini menjadi surga yang begitu diharapkan. Chinatown Bangkok atau Yaowarat serta Wat Traimit (Kuil Budha Emas) bisa dikunjungi. Lokasinya tidak terlalu jauh dengan hotel tempat menginap, sehingga bisa didatangi dengan berjalan kaki.

Esoknya, Wat Arun yang mempesona jadi kunjungan selanjutnya. Untuk menjejakkan kaki di tempat indah ini, bisa dengan menyeberangi Sungai Chao Phraya menggunakan perahu atau kapal. Keelokan dan kemegahan Wat Arun sudah terlihat dari atas kapal yang kami tumpangi. Dan benar saja, semuanya itu terbukti ketika sampai di sana. Candi yang usianya lebih dari 200 tahun ini banyak dihiasi porselen.



Saatnya makan siang, kali ini kami pun dibawa ke salah satu tempat makan halal bernama Al Hilal yang berlokasi di Prawet, KrungThep. Di tempat ini, wisatawan Muslim bisa menjumpai beragam hidangan yang bebas dari pork. Mulai dari tomyum, ikan gurame, aneka sayuran tumis, dan lauk pauk lainnya. Perjalanan pun berlanjut dengan mengunjungi Honey Bee Shop by Big Bee dan Gems Gallery International.


Berada di Bangkok, belanja akan jadi salah satu agenda wajibnya. Beberapa lokasi yang bisa dijadikan pilihan antara lain Platinum Mall, MBK Center, Siam Paragon, Siam Discovery, ataupun Siam Square. Selain itu, Or Tor Kor Market yang merupakan pasar segar pun layak untuk didatangi. Di tempat ini kita bisa menemukan berbagai produk segar seperti buah-buahan, sayuran, bumbu siap pakai, bahan laut, daging, hingga kulineran.



© 2019 yukmakan channel