top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Fashion Icon Awards Awali JF3 di Summarecon Mall Kelapa Gading

Ajang festival mode terbesar di Indonesia, yakni JF3 telah kembali digelar. Perhelatan spektakuler yang memberikan inspirasi dan menarik kepedulian pecinta mode tanah air ini sukses diselenggarakan di Summarecon Mall Serpong (SMS) dan berlanjut di Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG). JF3 2023 di MKG berlangsung antara tanggal 19-30 Juli 2023.



Mengusung tema "Power to Empower", JF3 Fashion Festival menjadi sarana kolaborasi antara desainer, brand, dan para pelaku kreatif lainnya. JF3 menjadi wadah yang penting bagi seluruh pelaku industri mode Indonesia untuk memperkenalkan karya-karya terbaru mereka dan mendorong roda ekonomi kreatif sehingga memberikan dampak bisnis yang lebih besar. Merespon pasar mode global yang sangat kompetitf dan dinamis, JF3 bersama pihak-pihak yang peduli, terus berupaya menyempurnakan dukungannya untuk kemajuan industri mode Tanah Air. Hal ini dilakukan hingga mendapatkan hasil yang nyata.


Festival JF3 di Summarecon Mall Kelapa Gading dibuka dengan pemberian Penghargaan Fashion Icon, yang merupakan apresiasi kepada tokoh-tokoh mode Indonesia yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam industri fashion. Penghargaan ini diharapkan menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda untuk juga turut membangun industri mode Indonesia di masa depan. Fashion Icon Awards diberikan melalui 2 kategori, yaitu Fashion Industry dan Fashion Icon of The Year yang telah melalui serangkaian proses survei, riset, serta diskusi dari tim yang terdiri tokoh-tokoh yang sangat kredibel.


“Penghargaan Fashion Icon Awards merupakan upaya kami untuk menghargai sekaligus mengapresiasi tokoh-tokoh yang memiliki peran dalam mengembangkan industri mode Indonesia. Kami berharap penghargaan ini dapat memberikan dorongan dan motivasi bagi seluruh pelaku mode, terutama generasi muda, untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas karya mereka. Dengan semangat ini, kami yakin industri mode Indonesia akan semakin berkembang dan diperhitungkan di dunia fashion internasional," ujar Soegianto Nagaria selaku Chairman JF3.


JF3 Awarding Night tahun ini diawali dengan sebuah presentasi koleksi yang memukau oleh para desainer muda berbakat. Ernesto Abram, An'soe, dan Maison Baaz Couture yang tampil memukau dengan karya-karya mereka yang unik dan menarik. Para desainer muda ini mengolah kreasi kreatif dari ragam wastra Nusantara. Untuk Ernesto Abram menghadirkan 16 koleksi yang terinspirasi oleh keterampilan dan seni dari para wanita penenun dan pekerja kain tenun. Koleksi ini terinspirasi oleh songket Wastra Nusantara yang kaya akan keindahan dan keunikan.


Untuk An'soe menghadirkan 17 koleksi memukau yang mengambil inspirasi dari lukisan terkenal Paolo Veronese "La Bella Nani". Koleksi gaun malam mereka menampilkan siluet corset yang elegan, draping yang menawan, dan ruffles yang dramatis. Dalam tema 'Collective Revelations', yang mengungkapkan pesan tentang kekuatan kolektif dalam dunia mode. Berbeda lagi dengan Maison Baaz Couture yang menghadirkan koleksi warna perak dan sentuhan kristal yang melambangkan cahaya dan kehadiran Tuhan. Setiap detailnya menggambarkan kilauan dan keanggunan sehingga menciptakan pengalaman yang memikat bagi setiap orang yang berjumpa dengan karya-karya mereka.


Tak hanya fashion show, juga ada pameran fashion bernama Fashion Village. Berlangsung antara tanggal 19-30 Juli 2023 yang berlokasi di lantai dasar Mall Kelapa Gading 3 dan 5. Mengusung tema ‘Gaya lokal lebih vokal’, Fashion Village menghadirkan 100% produk mode lokal berkualitas. Ratusan produk mode menarik dari 60 brand lokal yang terdiri dari koleksi desainer, produk kecantikan dan parfum, light bites, serta kerajinan dari Dekranasda siap memanjakan para pecinta mode Tanah Air.



Comments


bottom of page