• Novi Amaliyah

Gaeran Jim, Telur Kukus Ala Korea Yang Praktis Untuk Dibuat


Beberapa Kuliner Korea dan Jepang sekilas hampir mirip seperti Kimbab yang mirip sushi kemudian ada Gaeran Mari yang mirip Tamagoyaki atau telur gulung khas Jepang. Dan ada Gaeran Jim yang merupakan telur kukus ala Korea, sekilas mirip dengan Chawan Musi khas Jepang.


Telur kukus Korea (gaeran jim) ini memiliki tekstur yang halus dan lembut. Orang-orang di Korea biasa menyatap telur setiap kali makan, baik untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Olahan telur menjadi makanan pembuka atau lauk yang populer di Korea, telur juga dapat disajikan sebagai hidangan utama, terutama saat sarapan.


Selain digoreng, orang Korea juga biasa membuat telur dadar gulung (Gaeran Mari) yang kemudian dinikmati sebagai isian sandwich, atau memasukann telur gulung ke dalam Kimbab. Meski terlihat sederhana, butuh trik khusus untuk membuat telur kukus ala Korea ini. Karena telur akan mudah matang atau gosong.


Idealnya, telur kukus Korea ini harus dimasak menjadi hidangan yang memiliki tekstur yang sama dengan olahan tahu sutra dengan tekstur yang halus dan lembut sehingga langsung meleleh saat di mulut. Kamu bisa menambahkan aneka sayuran, potongan daging asap atau seafood, sesuaikan saja dengan seleramu. Untuk citarasa yang nikmat kamu bisa mengganti air biasa dengan kaldu sebagai penggantinya. Menu praktis satu ini bisa menjadi camilan cepat yang cukup mengenyangkan dan kaya protein.