• Novi Amaliyah

Gohu, Sajian Ikan Segar Khas Ternate


Siapa bilang kalau makanan menggunakan daging ikan mentah segar hanya dimiliki oleh bangsa Jepang. Selama ini kita mengenal Sashimi sajian khas Jepang yang menggunakan daging ikan mentah segar sebagai bahannya, biasanya sajian ini disantap dengan irisan acar jahe merah dan wasabi serta shoyu. Ternyata Indonesia juga punya sajian yang menggunakan daging ikan mentah yang disajikan untuk langsung disantap. Sajian ini merupakan sajian khas Maluku Utara, khususnya Ternate yang bernama Gohu Ikan. Bisa dibilang Gohu sangat mirip dengan sajian Chevice khas Peru, Amerika Selatan. Sajian ini menggunakan ikan mentah segar yang dipotong dadu kemudian dikucuri dengan air perasan jeruk nipis.


Secara umum, kuliner di wilayah Ternate memang banyak dipengaruhi oleh dua wilayah Maluku dan Sulawesi utara karena letak geografisnya. Sajian khas Ternate dipengaruhi oleh kedua wilayah ini, dimana sebagian besar menggunakan ikan segar maupun hasil laut lainnya, Gohu Ikan biasanya berbahan dasar ikan Tuna atau Cakalang mentah, Gohu Ikan juga sering disebut Sashimi Ternate oleh beberapa orang.


Cara membuat makanan ini pun sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Biasanya Ikan Tuna atau Cakalang dipotong menyerupai dadu, dicuci kemudian dilumuri dengan garam dan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Setelah itu, ditambahkan dengan daun kemangi untuk memberikan aroma yang khas, kemudian didiamkan beberapa saat. Sembari menunggu bumbu untuk meresap, siapkan bumbu lain seperti rajangan bawang merah dan cabe rawit yang ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Setelah aromanya muncul, tumisan minyak ini dapat langsung disiramkan ke dalam adonan ikan yang sudah didiamkan beberapa saat sebelumnya, kemudian Gohu Ikan pun siap untuk disajikan. Untuk citarasa, makanan khas Ternate ini tidak perlu diragukan lagi atau takut amis, karena perasan air jeruk dan garam secara alami menghilangkan bau amis dari ikan. Walaupun masih berupa ikan laut mentah, namun aroma amis sama sekali tidak terasa. Selain itu, tingkat kementahan daging pun berkurang ketika didiamkan beberapa saat. Dengan sentuhan minyak kelapa yang ditumis sejenak tak hanya memberikan citarasa yang berbeda tapi juga mematangkan ikan. Jika ingin lebih sehat bisa juga menggantinya dengan menggunakan extra virgin olive oil yang tidak perlu dipanaskan. Gohu Ikan memiliki citarasa yang unik, rasa asam segar, gurih dan sedikit manis bercampur dengan kenyalnya daging ikan segar. Makanan ini tidak hanya nikmat namun juga menyehatkan karena menggunakan bahan yang segar, nutrisi dari ikan masih terkandung dengan baik karena tidak melewati proses memasak yang berlebihan. Kamu juga bisa menggunakan ikan salmon sebagai pengganti ikan tuna atau cakalang. Di Ternate, biasanya, Gohu Ikan menjadi makanan pendamping ketika menikmati nasi atau bubur sagu atau bisa juga dinikmati sebagai salad pembuka hidangan utama. Selamat mencoba!

© 2019 yukmakan channel