© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

HARRIS Chef Student Battle Bersama Yukmakan

HARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading baru saja menggelar sebuah program tahunannya yang dikemas dalam konsep baru. Kegiatan itu diberi nama 'Harris Chef's Student Battle' yang sebelumnya lebih dikenal dengan  tajuk 'Be a Junior HARRIS Chef' dan sukses digelar selama 9 tahun terakhir.



Sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini nama program itu pun diganti. Menggandeng media kuliner Yukmakan, kegiatan berupa kompetisi memasak ini diperuntukkan untuk para pelajar. Lomba yang diikuti oleh remaja kisaran usia 11-15 tahun ini bertujuan untuk mengisi akhir pekan, sehingga para pelajar itu mendapatkan manfaat lebih sekaligus dapat mengeksplorasi dunia kuliner secara lebih luas.


Berlangsung pada hari Sabtu, 27 Juli 2019 yang berlokasi di HARRIS Terrace dan Harris Cafe. Kompetisi ini diikuti oleh 8 kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri dari dua orang peserta. Kompetisi dimulai dengan breafing dan penjelasan mengenai peraturan lomba. Setiap kelompok diwajibkan memasak 2 jenis masakan berbeda dengan menggunakan bahan-bahan yang telah disediakan oleh pihak hotel. Dan untuk bahan utamanya, tersimpan rapi dalam wadah tertutup (Black Box) yang baru dibuka ketika kompetisi dimulai.



Ternyata, ada 3 bahan berbeda yang tersembunyi yakni daging sapi, udang, dan daging ayam. Setiap peserta bebas memilih bahan utamanya untuk diolah menjadi 2 makanan berbeda, yaitu main course dan appetizer. Waktu selama 60 menit pun diberikan pada tiap peserta untuk bisa menciptakan kreasi masakan yang spesial dan lezat. Untuk bumbu dan sayuran pendamping, sudah tersedia di setiap meja peserta. Namun, jika dirasa ada yang kurang, maka tiap peserta bisa mengambil bahan lainnya di area yang sudah disediakan oleh HARRIS Hotel & Convention Kelapa Gading.


Kompetisi ini dinilai oleh 3 juri berbeda. Adapun juri kompetisi itu adalah Anton Sujarwo selaku F&B Manager HARRIS Hotel & Convention Kelapa Gading, Chef Ade sebagai Executive Chef HARRIS Hotel & Convention Kelapa Gading, dan Aletta Sumampouw selaku General Manager Yukmakan. Selain citarasa masakan yang dinilai, juga diperhatikan presentasi dan juga kebersihannya.



“Program ini telah berlangsung selama 9 tahun berturut-turut. Sehingga kami memutuskan untuk menawarkan aktivitas-aktivitas baru dan menarik kepada para peserta. Penilaian pada kompetisi kali ini dilihat dari rasa, presentasi, dan kebersihan. Seorang chef yang baik, tidak hanya memiliki kemampuan yang baik dalam hal memasak, tetapi juga memiliki pengetahuan yang cukup luas,” jelas Anton Sujarwo selaku F&B Manager HARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading.


Usai penilaian juri, di akhir acara diumumkan 3 orang pemenang. Juara pertama diraih oleh Bryan, juara kedua Meily Queen, dan juara ketiga Benika Joan. Para pemenang itu pun mendapatkan banyak hadiah menarik persembahan Harris Kelapa Gading, Yukmakan, Ajinomoto, British Institute, dan Vicenza. Tidak hanya hadiah, para pemenang juga mendapatkan medali dan sertifikat. Peserta lainnya yang belum berhasil memenangkan kompetisi juga tetap mendapatkan banyak hadiah menarik berupa doorprize dari seluruh sponsor.