• Maria Yuliana Kusrini

Ini Dia 5 Nutrisi Penting Daging Sapi

Setiap bahan masakan tentu memiliki kandungan baik yang berguna bagi tubuh. Begitu pun dengan daging sapi yang pastinya punya banyak kandungan nutrisi sekaligus mampu melengkapi gizi seimbang jika dikonsumsi secara tepat. Di antara jenis daging lainnya, daging sapi sendiri terbukti memiliki kandungan protein yang paling besar. Dan berikut ini 5 nutrisi penting yang terkandung dalam daging sapi.



1. Zat Besi

Zat Besi memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan otak. Apabila tubuh kekurangan Zat Besi, maka bisa membuat anemia, lemas, kurang bertenaga, dan lesu. Zat Besi ini juga sangat penting untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh dan otak, memproduksi energi, menjaga sistem kekebalan tubuh, hingga berperan penting pada perkembangan otak.


2. Omega 3

Tak hanya ada di dalam telur, Omega 3 ternyata juga ada di dalam daging sapi. Omega 3 ini berperan dalam membantu fungsi jantung dalam tubuh, hati, dan juga sistem syaraf pusat. Dalam 150 gram daging sapi setidaknya terkandung sekitar 30 gram asam lemak omega 3.


3. Selenium

Daging sapi juga mengandung zat selenium. Zat ini begitu dibutuhkan tubuh untuk membentuk zat antioksidan. Tak hanya itu saja, selenium juga mampu meningkatkan imunitas pada tubuh kita.


4. Vitamin B

Jika seseorang merasa daya ingatnya mulai menurun dan sulit untuk berkonsentrasi, maka bisa dipastikan jika ia kekurangan asupan Vitamin B. Maka dari itu, dengan mengonsumsi olahan daging sapi secara tepat akan membantu meningkatkan daya ingat serta konsentrasi. Itu karena peranan Vitamin B Komplek yang membantu kerja sistem syaraf otak.


5. Zat Zeng

Zat Seng juga punya banyak peranan positif bagi tubuh. Mulai dari meningkatkan metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh sehingga seseorang tidak menjadi mudah sakit. Selain itu, Zat Zeng juga sangat berpengaruh pada perkembangan fungsi reproduksi laki-laki dan berperan dalam pembentukan sperma.