• Novi Amaliyah

Inspirasi Kraft Padukan Kuliner Nusantara Dengan Keju

Selain cokelat, keju bisa dibilang menjadi bahan makanan yang populer dan banyak penggemarnya. Di Indonesia sendiri makanan dengan paduan keju tengah digemari. Tak hanya makanan, tetapi jajanan dan minuman juga tak luput dengan paduan citarasa gurih dari keju. Siapa yang belum mencoba ayam geprek dengan keju, cheese tea, atau daging bbq bertopping keju leleh.


Sebagai brand keju yang populer di Indonesia, Kraft hadir dengan kampanye terbarunya yang mengangkat citarasa kuliner Nusantara dengan paduan keju. Sebagai salah satu peran aktif dari Kraft ini memperkaya citarasa kuliner Indonesia yang diwujudkan dalam menghadirkan ragam inspirasi kreasi kuliner nusantara dengan keju Kraft dengan menggandeng Chef Degan Septoadji. “Meski bukan berasal dari Indonesia, beberapa jenis keju bisa dipadukan dengan makanan selera Indonesia. Itu karena citarasanya yang gurih. Aplikasi keju dengan kuliner Nusantara pun bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti dijadikan topping, isian, dilelehkan, atau dicampurkan ke dalam masakan atau adonan. Baik itu untuk hidangan utama, kudapan, kue, maupun minuman,” jelas Chef Degan. Kombinasi rasa asin dan manis adalah kombinasi paling cocok dengan keju. Untuk itu hindari memadukan keju dengan citarasa bahan makanan yang pahit seperti pare, leunca, atau daun papaya. Jenis sayuran yang memiliki rasa netral lebih bisa dipadukan dengan keju, seperti brokoli, kentang, ataupun kembang kol. Jika ingin yang lebih menantang keju, juga bisa dipadukan dengan sajian yang memiliki rasa kuat seperti rendang. Paduan ini bisa dilakukan dengan cara, daging rendang dipotong kecil-kecil kemudian ditaburi keju. Hal yang harus diingat sebelum memadukan keju dengan kuliner Nusantara yaitu pemilihan keju yang digunakan. Menurut Chef Degan pilih keju yang memiliki rasa yang sebenarnya, sehingga paduan rasa keju dan rasa asli bumbu rempah makanan khas Nusantara dapat berbaur dengan sempurna tanpa mengubah rasa aslinya. Komposisi yang seimbang juga menjadi kunci yang tepat agar keju dan kuliner Nusantara yang dipadukan tidak saling dominan. Menurut Chef Degan, keju Cheddar bisa digunakan untuk dipadukan dengan kuliner Nusantara.



Dalam peluncuran pre event Festival Kuliner Kraft pada Senin, 2 September 2019 di Almond Zucchini Cooking Studio, Chef Degan juga berbagi inspirasi kreasi dengan membuat Tempe Mendoan Isi Keju dan Lumpia Rendang Keju.

© 2019 yukmakan channel