• Novi Amaliyah

Inspirasi Menu Praktis Korea Untuk Sahur


Kehabisan ide untuk memasak menu sahur tapi kamu juga malas kalau harus bangun lebih pagi untuk memasak sesuatu yang rumit. Kamu bisa mencoba beberapa menu Korea yang praktis namun tetap bergizi. Kamu juga mempersiapkan bahan-bahan yang akan dimasak sebelumnya agar memasak di dapur jadi lebih efisien.


Untuk pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan beberapa sajian Korea seperti Kimbab, Sangchu Geotjeori atau salad selada khas Korea atau telur gulung khas Korea Gyeran Mari. Selain praktis menu-menu ini juga enak dan dapat melengkapi asupan energi yang dibutuhkan saat puasa. Karena komposisi nutrisi yang seimbang membantu tubuh tetap bugar meski berpuasa seharian penuh.

Sangchu Geotjeori (Salad Selada Khas Korea)

Salad? Sayuran penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan serat selama berpuasa. Selain itu, sayuran juga kaya serat sehingga bisa membantu kamu kenyang lebih lama. memiliki fullness factor tinggi alias cepat mengenyangkan. Selain berisi paduan selada dan sayuran segar, kamu bisa menambahkan karbohidrat seperti kentang, nasi merah, quinoa, atau irisan buah-buahan segar.

Dakjuk

Kamu bisa juga menjadikan Dakjuk atau bubur ayam dengan paduan jahe khas Korea untuk menu sahur. Kamu bisa memasak bubur menggunakan nasi sisa yang diberi kuah kaldu ayam, tambahkan juga irisan daging ayam, jahe dan sayur seperti daun pokcoy atau daun ginseng sesaat sebelum bubur diangkat. Bubur ayam cocok untuk sahur karena mudah mengenyangkan dan jahe memberikan efek yang menghangatkan. Tambahkan kondimen seperti kerupuk dan taburan daun bawang.

Mandu

Mandu atau pangsit Korea ini bisa dijadikan salah satu menu praktis untuk sahur, kamu bisa membeli pangsit siap pakai dan mengolahnya sebagai sup dengan menambahkan aneka sayur, jamur dan bumbu gochujang. Tambahkan irisan daun bawang dan taburan wijen untuk memberikan aroma lebih nikmat. Sup ini bisa menjadi mengisi kebutuhan energi agar tidak cepat lapar ketika berpuasa.

Kimbab

Tak bisa melewatkan nasi untuk sahur? Kamu bisa mencoba kimbab atau nasi gulung berbalut rumput laut dengan berbagai isian, sekilas mirip sushi. Kamu bisa mengisi gulungan nasi dengan beragam lauk, antara lain suwiran ayam dengan potongan timun dan tomat, atau telur dadar. Rumput laut kering itu sendiri sudah memberikan rasa umami, sehingga tak perlu menambahkan banyak bumbu.


Gyeran Mari (Telur Dadar Gulung Korea)

Menu olahan telur, selain kaya protein dan nutrisi, telur juga mengandung vitamin A dan zat besi, dan bisa diolah menjadi beragam hidangan praktis, termasuk untuk sahur.

Gyeran-mari atau rolled omelette (telur dadar gulung) ala Korea adalah pilihan tepat untuk sahur praktis. Cara membuatnya cukup simpel, kocok telur dengan irisan daging asap bisa juga ditambahkan sayuran seperti potongan wortel, daun bawang dan bawang bombai, beri lada dan garam secukupnya, tambahkan sedikit susu, lalu goreng dengan sedikit minyak.