© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Jalan-jalan Kuliner ke Cirebon

Yukmakan mengadakan acara seru bernama Jalan-jalan Kuliner (JJK). Kali ini menggandeng KSO Summarecon Serpong, acara dilaksanakan di Kota Cirebon yang memiliki kuliner khas dan lezat. Tak hanya seru kulineran, peserta juga diajak wisata dan belanja ke beberapa lokasi menarik di Cirebon.

Antusiasme JJK kali ini sangatlah tinggi, terbukti banyaknya jumlah peserta yang mendaftar. Hingga akhirnya, JJK pun dibagi menjadi 3 sesi. JJK Cirebon sesi pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Maret 2015. Pesertanya adalah warga perumahan Summarecon Serpong. Setelah membelah perjalanan Jakarta hingga Cirebon dengan kereta api, jalan-jalan kuliner pun dimulai.


Nasi Jamblang Ibu Nur menjadi lokasi pertama yang dikunjungi. Di tempat ini, peserta diajak sarapan dengan berbagai pilihan lauk pauk, mulai dari Cumi Hitam, Tempe Goreng, Pepes Tahu, Terong Balado, Lidah Sapi, Sate Usus, Sate Kerang, Ayam Goreng, Sate Udang, dan lainnya. Untuk makan di sini, pengunjung harus mengantri panjang terlebih dulu baru setelahnya boleh memilih makanan dan menikmatinya.


Usai sarapan, perjalanan pun berlanjut ke Kraton Kasepuhan. Setelah membeli tiket masuk, peserta JJK pun memasuki wilayah kraton yang didampingi oleh guide yang mengenakan pakaian khas kraton (menggunakan bawahan kain jarik, surjan, dan blangkon sebagai penutup kepala). Satu persatu bangunan yang berisi barang-barang peninggalan masa lampau pun diunjukkan. Mulai dari kereta kencana, alat perang, pakaian, lemari jati, hingga perkakas lainnya. Pada sesi ini, dibagikan banyak voucher belanja persembahan Summarecon untuk peserta yang bisa menjawab pertanyaan.


Wisata sejarah di kraton pun berakhir, peserta melanjutkan perjalanan ke tempat lainnya. Lokasi yang dimaksudkan adalah Rumah Kerang bernama CV Multi Dimensi Cirebon, yakni tempat yang menjual aneka kerajinan kerang, mulai dari barang rumah tangga, pernak-pernik, hingga aksesoris tersedia di tempat ini.


Puas melihat dan berbelanja aneka kerajinan kerang yang begitu cantik, para peserta JJK pun diajak makan siang. Empal Gentong H. Apud dijadikan pilihannya dengan menu Empal Gentong, Empal Asem, Sate Kambing, atau Nasi Lengko. Makan siang pun berlangsung dengan begitu riuh dan menggembirakan. Terlebih peserta bisa menikmati empal gentong secara langsung di kota asalnya.


Peserta pun berpindah untuk mengunjungi Kampung Batik Trusmi. Ada banyak pilihan busana dan kain batik di sini. Perjalanan pun bersambung ke lokasi selanjutnya, yakni ke toko yang menjual oleh-oleh khas Cirebon bernama Toko Daud. Tidak hanya bisa membeli oleh-oleh saja, di sini juga bisa menikmati aneka hidangan seperti Mi Koclok dan Tahu Gejrot. Hiburan berupa Tari Topeng juga memeriahkan kegiatan di Toko Daud ini dan peserta pun diajak seseruan untuk menari bersama. Di sini peserta juga berkesempatan untuk medapatkan hadiah menarik persembahan Summarecon Serpong dan Yukmakan. JJK Cirebon pun menjadi pengalaman mengesankan untuk seluruh peserta.