• Novi Amaliyah

Kamu Suka Ngemil, Ganti Dengan 6 Makanan Berikut Ini


Salah satu hal tersulit dalam mengubah kebiasaan hidup sehat adalah menghilangkan keinginan, khususnya kebiasan ngemil makanan manis yang mengandung gula maupun karbohidrat yang mendorong terciptanya pelepasan hormon serotonin dan dopamine yang memberikan efek bahagia.


Meski memberikan kepuasaan dan efek bahagia, konsumsi makanan manis yang mengandung gula dan karbohidrat berlebihan dapat menganggu kesehatan, menekan sistem kekebalan tubuh hingga menambah berat badan.


Untuk mengatasi perasaan ingin ngemil kamu bisa mengganti dengan camilan yang lebih sehat, atau coba konsumsi 6 makanan berikut ini yang terbukti efektif mengurangi perasaan ngidam makanan manis dan karbohidrat.


Alpukat

Buah satu ini dikemas dengan banyak mineral, vitamin E dan lemak omega, alpukat bisa jadi pilihan sebagai camilan sehat setiap saat sepanjang hari. Alpukat bisa dimakan langsung atau bisa ditambah sedikit garam dan lada secukupnya, dibuat smoothie atau disajikan dengan telur atau salad.

Minyak Kelapa

Mengganti gula dengan mengonsumsi lemak sehat dapat membantu mengurangi keinginan untuk ngemil sembari memberikan tubuh dan otak dorongan positif. Memberikan tubuh kita lemak sehat untuk dibakar dan bukan gula telah terbukti memberikan beberapa hal luar biasa bagi otak dan kesehatan metabolisme tubuh. Sarah Wilson, penulis I Quit Sugar, makan dua sendok makan minyak kelapa setelah makan siang atau makan malam, untuk memuaskan keinginan ngemil makanan manis. Menurutnya kebiasaannya ini terbukti dapat mengilangkan nafsu makan selama sekitar empat hingga lima jam.


Kacang

Menyimpan kacang-kacangan sebagai camilan bisa jadi alternatif lebih sehat disbanding kudapan manis seperti cookies maupun biskuit. Kacang-kacangan seperti almond, mede, kenari dapat di camilan sehat yang cepat dan sehat. Hindari kacang-kacangan dengan tambahan madu, bumbu, garam atau rasa-rasa lain. Kacang-kacangan ini mengandung lemak omega, mengandung protein dan tanpa gula.


Ghee Butter

Ghee butter dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk membantu untuk mengurangi ngidam nyemil makanan manis. Ketika bersumber dari hanya sapi yang diberi makan rumput, akan membuat profil asam lemak lebih sehat. Ghee menstimulasi sistem pencernaan, meningkatkan asimilasi dan membantu eliminasi, sambil membantu mengurangi hasrat untuk ngemil makanan manis. Coba tambahkan Ghee ke dalam masakan sebagai tambahan atau sebagai pengganti minyak lainnya, mulai dengan hanya 1 sendok makan sehari dan meningkat hingga 3 sendok makan.


Wortel & Seledri

Seledri dan wortel selain renyah, sayuran kaya serat ini bisa dijadikan camilan di sela-sela makan. Biar lebih nikmat kamu bisa mencelupkan seledri dan wortel ini ke dalam saus alpukat atau hummus homemade. Camilan sehat ini tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan tetapi juga membantu dalam mengendalikan ngidam ngemil.


Air

Selain memilih makanan yang tepat air juga jadi salah satu yang penting. Air berfungsi tubuh untuk tetap terhidrasi pada saat yang sama. Ketika kita ngidam ingin makan dan ngemil ini bisa juga sebagai tanda kehausan. Minum air putih juga dapat membantu mengurangi nafsu makan, sementara juga membantu untuk menurunkan berat badan.

© 2019 yukmakan channel