• Novi Amaliyah

Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi?


Kopi, minuman satu ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia. Kopi mengandung stimulan yang disebut kafein. Kopi banyak dijadikan solusi cepat untuk tetap aktif dan produktif, tak heran banyak orang memulai ritual paginya dengan meneguk secangkir kopi sebelum memulai hari. Selain itu ada juga yang mimun beberapa cangkir setiap harinya di sela-sela waktu makan untuk menjaga mood saat bekerja. Perbedaan orang-orang dalam waktu untuk minum kopi jadi membuat kita bertanya kapankah waktu terbaik untuk minum kopi untuk memaksimalkan manfaatnya dan meminimalkan efek sampingnya .


Hormon Cortisol dan Kopi

Banyak orang menjadikan ritual minum kopi di pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Namun ada anggapan dengan minum kopi terlalu pagi dapat mengurangi efek energinya, karena di pagi hari hormon stress kortisol tengah berada pada puncaknya.

Kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Hormon ini juga mengatur metabolisme tubuh, respon sistem kekebalan tubuh, dan tekanan darah. Hormon mengikuti ritme khusus untuk siklus tidur-bangun seseorang, dengan kadar tinggi yang mencapai puncak 30-45 menit setelah bangun tidur dan perlahan-lahan menurun sepanjang sisa hari. Atas temuan inilah disarankan bahwa waktu terbaik untuk minum kopi adalah sian hari ketika tingkat kortisol lebih rendah. Bagi kebanyakan orang yang bangun sekitar jam 6:30 pagi, waktu ini antara jam 9:30 dan 11:30 pagi.


Alasan lain mengapa disarankan untuk menunda minum kopi di pagi hari adalah karena kafein dari kopi dapat meningkatkan kadar kortisol. Minum kopi ketika tingkat kortisol sedang berada di puncaknya dapat lebih meningkatkan kadar hormon ini. Peningkatan kadar kortisol dalam jangka waktu lama dapat merusak sistem kekebalan tubuh yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Meski belum ada penelitian jangka panjang tentang implikasi kesehatan peningkatan kortisol dari minum kopi.


Kopi Mampu Meningkatkan Performa Tubuh

Mengkonsumsi kopi 30–60 menit sebelum berolahraga juga dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan daya dan kekuatan otot. Namun juga perlu diingat bahwa efek stimulasi kafein dari kopi dapat menyebabkan masalah tidur, jika dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur, serta meningkatkan kecemasan pada beberapa orang. Jadi untuk kamu yang mempunyai masalah dengan tidur dan kecemasan sebaiknya hindari minum kopi di malam hari atau menjelang tidur.


© 2019 yukmakan channel