• Novi Amaliyah

Kelapa, Rahasia Citarasa Gurih Masakan Thailand


Kelapa telah ditanam dan dibudidayakan di daerah tropis di seluruh dunia selama hampir 4.500 tahun lamanya. Tanaman ini pun tumbuh subur di sepanjang pingir pantai dan sering dijadikan ikon negara tropis. Hampir semua bagian dari kelapa bisa dimanfaatkan, mulai dari pohon, daun, hingga buahnya. Misalnya saja pohon atau batang kelapa bisa untuk membangun rumah dan membuat aneka furniture, daunnya bisa dibuat untuk keranjang, batok dan kulit kelapa dimanfaatkan untuk aneka kerajinan serta sekam bahan bakar. Sedangkan buah, air, dan santannya bisa dikonsumsi atau dimasak.

Di Thailand, buah eksotis ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari dan membentuk bagian penting dari budaya Thailand. Wanita Thailand juga secara tradisional menggunakan minyak kelapa sebagai kondisioner rambut dan pelembab kulit. Menanam pohon kelapa yang menghadap ke timur di dekat rumah dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi rumah tangga dalam budaya Thailand.


Santan yang terbuat dari daging kelapa menjadi salah satu bahan penting dalam masakan Thailand. Belum lagi minyak kelapa untuk memasak dan memanggang dapat memberikan citarasa eksotis yang khas dan istimewa. Kelapa sendiri secara luas dianggap sebagai makanan sehat, dengan lemak jenuh

dan protein yang mudah dicerna, rendah karbohidrat, tinggi serat, dan mangan yang berkontribusi bagi kesehatan tulang, serta kaya akan tembaga, besi, dan selenium dan antioksidan yang melindungi sel-sel di dalam tubuh. Penggunaan santan pada masakan memunculkan citarasa yang lebih gurih dan sedap. Berikut ini lima sajian khas Thailand yang dipadukan dengan santan.


Salmon In Red Curry

Tidak ada kari merah dan hijau khas Thailand tanpa paduan santan kental nan gurih. Seperti pada sajian Salmon In Red Curry yang berkuah santan kental dengan citarasa gurih dan pedas dengan potongan daging ikan salmon segar.


Green Curry Chicken

Green Curry Chicken ini dihadirkan dengan citarasa yang tidak sepedas Red Curry. Memiliki aroma herbal yang manis dan begitu istimewa saat disantap. Green Curry Chicken adalah salah satu sajian terkenal dari Thailand selain Tom Yam. Seporsi nasi putih hangat akan menjadi teman istimewa dari menu Green Curry Chicken ini.



Khao Soi

Masakan Thailand Utara biasanya lebih ringan dari pada daerah lain di Thailand lainnya. Salah satu yang populer adalah Khao Soi. Meski memiliki citarasa yang lebih ringan, namun sajian ini tak kalah gurih dengan kari Thailand. Santan menjadi bahan utamanya yang dipadukan dengan mi spesial berwarna kuning yang berakar dari pengaruh budaya China. Kuah santan kental dan gurih nan aromatik ini akan semakin sempurna jika dinikmati dengan irisan daun bawang, kucuran jeruk nipis, dan taburan cabai goreng.


Mango Sticky Rice

Tak hanya digunakan sebagai bahan pada hidangan utama, santan juga menjadi salah satu bahan yang digunakan pada hidangan penutup. Salah satunya pada menu Mango Sticky Rice yang jadi salah satu ikon menu Thailand ini. Kelembutan ketan pulen dengan paduan santan gurih, irisan buah mangga yang manis dan asam, ditambah kucuran saus santan dan taburan biji wijen menjadi daya tarik dari Mango Sticky Rice.

Selain pilihan menu otentik di atas, juga masih ada berbagai masakan lainnya yang menggunakan santan sebagai bahannya. Semuanya itu bisa ditemukan dan dipesan di berbagai restoran Thailand yang pastinya punya logo THAI SELECT untuk mendapatkan citarasa Thailand yang benar-benar otentik. Dan untuk resepnya bisa dilihat di www.asianinspirations.com.au.

THAI SELECT sendiri diberikan pada restoran Thailand yang ada di luar Negara Thailand yang sudah mendapatkan persetujuan oleh Departemen Promosi Perdagangan Internasional (DITP), Kementerian Perdagangan, Thailand. Tujuannya untuk meningkatkan pengakuan restoran Thailand berkualitas di seluruh dunia. Hal ini juga mendorong pemilik restoran Thailand untuk meningkatkan kualitas restoran dan menunya sambil mempertahankan keaslian dari makanan yang ditawarkan. Jadi jika ingin menikmati sajian bercitarasa otentik Thailand, carilah restoran berlogo atau memiliki tanda THAI SELECT.


Look for AUTHENTIC THAI CUISINE, look for Thai SELECT



Written by www.asianinspirations.com.au

Translated by www.yukmakan.com


© 2019 yukmakan channel