top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Kemasan Edisi Khusus Tehbotol Sosro 'Bangga Berbudaya Asli Indonesia'

Tehbotol Sosro merupakan salah satu merek minuman teh kemasan yang telah ada di Indonesia sejak tahun1969. Di moment perayaan hari ulang tahun Indonesia yang ke-78 kali ini, Tehbotol Sosro menghadirkan kemasan edisi khusus sekaligus menghadirkan pameran ilustrator di kawasan Creative Hall, M Bloc, Jakarta Selatan.



Pesta kemerdekaan RI tahun ini dimeriahkan Tehbotol Sosro dengan meluncurkan 16 kemasan berdesain khusus. Kemasan pada botol dan kotak minuman Tehbotol Sosro ini merupakan karya para pemenang kompetisi desain Tehbotol Sosro. Desainnya sendiri mengusung tema ‘Bangga Berbudaya Asli Indonesia’. Sehingga desain atau gambar pada setiap kemasan minuman itu pun menyiratkan kebanggaan terhadap budaya Indonesia yang disampaikan dalam visual yang kreatif.


Peluncuran kemasan berdesain khusus itu pun dilangsungkan pada Jumat, 11 Agustus 2023. Kegiatan ini adalah kesinambungan dan perwujudan gerakan #LocalsUnite yang digagas oleh Tehbotol Sosro. Sejak tahun 2020 lalu, Tehbotol Sosro rutin meluncurkan kemasan desain khusus di tengah perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Di bawah gerakan #LocalsUnite, Tehbotol Sosro fokus pada kolaborasi dengan para kreator Indonesia di tiga pilar yakni kuliner, fesyen/gaya hidup, serta seni.



“Sebagai salah satu merek yang lahir di Indonesia, kami ingin ‘memberi kembali’ kepada

masyarakat yang telah membesarkan merek Tehbotol Sosro. Caranya dengan membantu para kreator muda Indonesia membangun karya mereka menjadi sebuah kreasi yang membanggakan. Melalui #LocalsUnite kami menginisiasi dan membuka possibilities of collaborations antara kreator dengan Tehbotol Sosro,” terang Sabrina Kharisanti selaku Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro.


Selain peluncuran kemasan dengan desain khusus, juga dilangsungkan pembukaan Pameran Ilustrator Bangga Berbudaya Asli Indonesia. Pameran ilustrator ini menampilkan lebih dari 1.000 karya ilustrator peserta kompetisi desain Tehbotol Sosro. Setiap peserta yang mengikuti kompetisi mendaftarkan karya mereka berdasarkan tiga kategori. Yakni 'Kuliner Asli Indonesia,’ ‘Kesenian Asli Indonesia,’ dan ‘Tradisi Asli Indonesia’. Kompetisi Kemasan Desain Khusus Tehbotol Sosro dan pameran ilustrator ini bertujuan untuk menemukan lebih banyak ilustrator Indonesia yang menggambarkan kebanggaan akan kebudayaan Indonesia melalui karyanya.


Salah satu dewan juri dari kompetisi ini adalah ilustrator Yessiow yang menobatkan 15 desain sebagai pemenang bersama juri lainnya. “Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari kompetisi desain yang digelar Tehbotol Sosro khusus untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 tahun ini. Kolaborasi dengan Tehbotol Sosro ini memberikan ruang baru bagi saya dan teman-teman ilustrator, untuk mengekspresikan kebanggaan kami atas budaya bangsa kita yang begitu kaya. Seni ilustrasi yang dapat dinikmati di kemasan desain khusus merek teh ikonik Indonesia adalah bentuk diplomasi yang powerful untuk memperkenalkan budaya asli Indonesia,” ujar Yessiow, ilustrator muda Indonesia yang karyanya sudah melanglang kanvas internasional.



Pameran Ilustrator Bangga Berbudaya Asli Indonesia digelar pada 11-20 Agustus 2023 di area Creative Hall. Selain memamerkan 15 karya pemenang dan satu karya Yessiow, Tehbotol Sosro juga menampilkan karya peserta kompetisi desain 2023 dan beberapa karya dari tahun 2021 dan 2022. Selama pameran, Tehbotol Sosro juga menggelar kelas-kelas lokakarya bersama Yessiow, WD Willy, dan Popo Mangun untuk berbagi pengetahuan dan teknik menggambar. Pengunjung yang datang juga bisa menikmati immersive theater yang disiapkan Tehbotol Sosro, Sore Seru bersama Diskopantera, Pandji Sakti dan Duo Mobi, serta photo booth keren.

Comments


bottom of page