• Maria Yuliana Kusrini

Kesegaran Soto Kwali Mbak Lia Bermangkok Batok Kelapa


Soto Kwali Mbak Lia berlokasi cukup strategis. Menjadi bagian dari komplek Bina Marga yang lokasinya ada di pinggir jalan raya, berdekatan dengan KUA dan Kecamatan Cipayung. Cukup mudah ditemukan dan gampang untuk didatangi. Berkonsep warungan, pengunjung yang mengisi perut di sini akan mendapati area rindang karena banyak pohon.


Sesuai namanya, Soto Kwali jadi salah satu menu unggulannya. Sotonya tersaji unik dengan mangkok batok kelapa. Diungkapkan oleh sang owner, Sukardi, jika pemilihan mangkok seperti ini untuk memudahkan pelayan ketika menyajikan soto panas kepada tamunya, sekaligus menjadi daya tarik tersendiri. Di bagian depan warung, terdapat pikulan khusus dan kwali yang terbuat dari tanah liat sebagai wadah dari kuah sotonya.


Sotonya berisikan taoge, potongan daging sapi dan sandung lamur, seledri, dan bawang goreng. Kuahnya bening yang terbuat dari kaldu sapi dan aneka bumbu rempah. Untuk nasinya bisa disajikan di piring terpisah atau bisa juga dicampur bersamaan dengan sotonya. Jangan ketinggalan untuk menambahkan sambal, perasan jeruk nipis, ataupun kecap manis sebagai penambah citarasa.


Makan soto pun akan terasa lebih lezat jika menikmatinya dengan tambahan lauk yang sudah tersaji di meja. Mulai dari Sate Telur Puyuh, Sate Paru, Sate Ati Ampela, Tempe Bacem, Tempe Goreng, Tahu Goreng, dan juga Perkedel. Tiap lauk pendamping ini sudah ditata rapi dalam piring dengan kondisi ditutupi. Tidak hanya bisa dimakan sambil menikmati hangatnya soto, berbagai sajian ini juga bisa dinikmati sambil menunggu soto pesanan diracik.


Selain soto, juga ada Pecel dan Ayam Goreng Kalasan. Pecel juga disuguhkan dalam wadah etnik dari anyaman bambu. Sebagai isiannya terdapat aneka macam sayuran yang direbus (yakni kacang panjang, bayam, kenikir, sawi putih, dan selada air), orek tempe, telur goreng mata sapi, rempeyek rebon, dan nasi putih. Untuk Ayam Goreng Kalasannya memiliki citarasa gurih yang ditemani dengan nasi putih, lalapan, dan sambal tomat. Ayam goreng renyah ini diungkep dan dibumbui selama 1,5 jam, baru digoreng hingga kering dan disajikan bersamaan dengan kremesnya.


Soto Kwali Mbak Lia

Komplek Binamarga, Jl. Binamarga, Cipayung, Jakarta Timur

085888372028



© 2019 yukmakan channel