• Maria Yuliana Kusrini

KISARASA - Kenali Kisah Dibalik Rasa Bersama Chef Juna dan Chef Renatta

Dua chef ternama Tanah Air, yakni Chef Juna Rorimpandey dan Chef Renata Moeloek kembali disatukan dalam program Channel Eksklusif di Youtube bernama “KISARASA”. Di channel terbaru itu, kedua berkolaborasi dengan Dailybox Group dengan menceritakan tentang kekayaan kuliner Nusantara. Di KISARASA atau Kenali Kisah Dibalik Rasa, Chef Juna dan Chef Renatta akan memandu serta menjadi co producer pada serial berkonsep dokumenter itu.



KISARASA sendiri terdiri dari 8 episode yang berdurasi sekitar 30 menit. Kisah dokumenter ini mengupas sisi lain kuliner legendaris Tanah Air, sehingga akan sangat menarik untuk disaksikan. Untuk episode pertamanya, membawa penonton menilik kisah kuliner bebek betutu bersama Ibu Rai, selaku pemilik restoran kenamaan “Betutu Ibu Rai” di Kota Denpasar, Bali. Tak hanya kuliner di Bali, kuliner daerah lainnya juga akan dikupas satu persatu, dimana itu semua akan menambah pengetahuan masyarakat akan kekayaan kuliner dan budaya daerah setempat.


“Every dish has a story to tell. KISARASA menyajikan beragam kisah kuliner tradisional Tanah Air dengan satu benang merah, yaitu kuliner tradisional dapat melegenda dan tetap relevan di tengah perkembangan zaman karena ada local heroes yang berusaha melestarikannya. Mereka adalah para pemilik depot dan restoran lokal. KISARASA mengajak penonton untuk menilik lebih jauh aspek ini sehingga ketika kita menikmati kuliner dalam negeri, kita lebih menghargai keberadaan kuliner dan komunitasnya sehingga terciptalah suatu kebanggaan tersendiri,” ucap Chef Juna Rorimpandey.



Memang sangatlah penting untuk mengenali lebih jauh sejarah suatu makanan. Tujuannya agar kita dapat lebih menghargai keberadaan dari makanan itu sendiri sekaligus kekayaan budaya dan histori di dalamnya. Hal yang sama juga dirasakan oleh Chef Renatta Moeloek. Ia mengungkapkan jika dirinya selalu merasa tertarik untuk mengetahui asal usul makanan yang ia nikmati. "Untuk menyajikan sepiring brongkos khas Yogyakarta butuh satu kolaborasi yang apik mulai dari peternak sapi lokal, pengepul kluwek, hingga juru masak. KISARASA adalah serial dokumenter yang menceritakan betapa banyaknya tangan yang terlibat dalam proses pemilihan bahan baku hingga menjadi hidangan yang dinikmati oleh banyak orang,” ungkap chef cantik itu.


KISARASA ini sendiri muncul berawal dari tantangan dunia perfilman Indonesia ynng dinilai kurang banyak memproduksi film jenis dokumenter. Dailybox Group pun melihat kesempatan ini untuk menampilkan beragam citarasa makanan Indonesia yang dibalut dengan kisah sejarahnya lewat film dokumenter sinematik. Tidak tanggung-tanggung, beberapa tokoh ternama seperti Raditya Dika, Najwa Shihab, hingga Gusti Kanjeng Ratu Hemas pun turut berbagi cerita dalam serial dokumenter ini.


“Serial dokumenter sesungguhnya dapat menjadi media untuk mengingatkan orang. Sayangnya, genre ini masih belum terlalu populer. Padahal, dokumenter memiliki derajat realita dan akurasi yang tinggi. Karenanya, KISARASA tidak hanya ingin menjelaskan tentang masakan, cara masak, dan rempah-rempah tradisional saja. Tetapi lewat serial ini, kami ingin membagikan dan mengingatkan kembali kisah di balik kuliner legendaris Indonesia sekaligus kembali mengangkat citra genre dokumenter. Apalagi makanan Indonesia sungguhlah beragam dan cerita dibaliknya pun sungguh berwarna,” ungkap Cianicolay dari Jade Fifty Production sekaligus Sutradara KISARASA.