• Maria Yuliana Kusrini

Kreasi Menu Thailand Berbahan Buah Tropis

Kuliner Thailand memang begitu lekat dengan lidah sebagai besar orang di dunia, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Citarasanya yang berbumbu dengan dominasi rasa asam segar, pedas menggelitik, dan gurih yang memanjakan lidah sulit untuk ditolak. Tak heran jika Thailand pun sering dijadikan destinasi pilihan untuk liburan dan kulineran.


Thailand juga dikenal akan hasil buah-buah tropisnya yang baik dan berkualitas. Umumnya, aneka buah di Thailand memiliki ukuran yang lebih besar dengan citarasa yang lebih enak dan manis. Sebut saja buah pepaya, mangga, jambu air, jambu biji atau kristal, srikaya, nangka, asam, kelapa, semangka, dan lainnya. Tak hanya bisa dinikmati sebagai buah potong saja, berbagai buah itu pun bisa diolah menjadi hidangan unik dan menarik untuk dijajal. Dan berikut ini beberapa makanan dan minuman khas Thailand yang menjadikan buah tropis sebagai bahannya.



Tom Yum

Siapa sih yang tidak kenal dengan sajian berkuah satu ini? Pastinya sudah sangat familiar dengan citarasanya yang asam, pedas, gurih, asin, dan sedikit manis ini. Tom Yum umumnya menjadikan jamur, seafood seperti udang, cumi-cumi, dan ikan, serta aneka bumbu rempah sebagai bahan bakunya. Tom Yam juga ada varian lain yang menambahkan kelapa dan air kelapa muda sebagai salah satu bahannya. Air kelapa yang manis segar dengan tambahan daging kelapa muda pun sukses menambah citarasa gurih dan lezat dari seporsi tom yum itu. Selain disajikan pada mangkok, tom yum juga biasa disajikan dalam batok kelapa sehingga terlihat unik dan berbeda.


Som Tum

Masuk dalam kategori sajian pembuka, Som Tum atau yang juga dikenal sebagai salad pepaya muda ini juga banyak difavoritkan banyak orang. Buah pepaya muda memang jadi bahan utama dari menu satu ini. Pepaya muda yang diserut atau diiris tipis itu pun disajikan mentah yang dikombinasikan dengan wortel, tomat, kacang panjang, kacang mete, dan ebi. Sebagai dressingnya ada paduan jeruk nipis, gula pasir, cabai rawit merah, cilantro atau daun ketumbar, dan minyak ikan. Citarasa dari som tum ini adalah asam, pedas, manis, yang berpadu dengan gurihnya ebi dan kacang mede yang digunakan.



Thai Mango Salad

Selain salad pepaya, Thailand juga punya salad khas lainnya yang tak kalah menggugah selera. Menu itu berupa salad mangga muda atau yang juga biasa dikenal dengan sebutan Thai Mango Salad. Sekilas, salad mangga ini tampilan dan citarasanya menyerupai som tam. Dan sesuai dengan namanya, sajian pembuka ini menjadikan buah mangga mengkal atau setengah matang sebagai bahan utamanya. Buah mangga muda itu pun dipadukan dengan bawang, cilantro, cabai rawit, dan bahan-bahan lainnya. Saat menyantap menu ini, citarasa asam, manis, dan pedas pun langsung menjalari lidah.


Khao Phad Sapparot

Olahan nasi tentu tak bisa dilepaskan dari masyarakat Asia. Tak jauh berbeda dengan Indonesia, wilayah Thailand pun punya berbagai olahan nasi yang begitu istimewa. Salah satu yang bisa dijumpai adalah olahan nasi goreng yang dipadukan dengan buah nanas. Olahan nasi goreng ala thailand ini pun makin spesial karena dihadirkan dengan buah nanasnya yang dijadikan sebagai wadah dari nasi gorengnya. Potongan buah nanas yang manis segar pun menambah citarasa lezat dari olahan nasi yang bercitarasa gurih.



Mango Sticky Rice

Sebagian besar orang mengenalnya dengan sebutan mango sticky rice atau disebut Khao Niao Ma Muang dalam penamaan Thailand. Olahan beras ketan yang pulen berpadu dengan potongan buah mangga segar tentu akan jadi menu yang pantang dilewatkan oleh pecinta makanan Thailand. Citarasa gurih asin dari ketan akan berpadu sempurna dengan citarasa manis yang dihadirkan oleh buah mangganya. Kudapan satu ini pun akan sangat mudah dan banyak ditemukan di jalanan Thailand.


Khanom Prok

Khanom prok atau pancake kelapa merupakan salah satu kudapan yang sekilas mirip dengan kue cubit. Makanan satu ini terbuat dari campuran tepung dan juga kelapa. Biasanya terdapat topping berupa potongan jagung manis, ubi, hingga labu di bagian atasnya. Khanom prok ini bertekstur lembut dengan citarasa gurih dan creamy. Cocok untuk dijadikan camilan ataupun sebagai hidangan penutup.


Itim Kati

Itim kati atau thai coconut ice merupakan salah satu dessert unggulannya Thailand. Sajian manis dan dingin khas Thailand satu ini disajikan dalam batok kelapa. Isiannya adalah es krim kelapa yang dipadukan dengan daging kelapa muda, aneka buah, roti, dan lainnya. Es krim kelapanya memiliki tekstur yang begitu lembut dan pastinya akan sukses menjadi hidangan penutup yang spesial.



Es Buah atau Es Campur ala Thailand

Layaknya negara tropis pada umumnya, Thailand pun memiliki menu dessert berupa es buah atau es campur. Aneka buah segar yang dipotong pun dicampur dalam satu wadah bersama jelly kemudian dituang dengan susu, sirup, dan juga es batu. Dinikmati saat cuaca sedang terik atau panas, menu satu ini akan terasa sangat nikmat.

Nam Dang Mu Pan

Masuk dalam kategori minuman, Nam Dang Mu Pan menjadikan buah semangka sebagai bahan utamanya. Minuman ini sebenarnya adalah jus semangka. Buah semangka utuh diblender hingga hancur, tapi tidak terlalu halus lalu disajikan bersama es batu. Rasa manisnya tentu saja berasal dari buah semangka itu sendiri. Minuman segar ini pun menggunakan tambahan pemanis ataupun air. Hanya menjadikan buah semangka dan es batu sebagai bahannya.