• Novi Amaliyah

LocalsUnite Teh Botol Sosro, Dorong Kreativitas Ciptakan Makanan dan Minuman Lokal


Pindang Deleg Sosro
Pindang Deleg Sosro

Setelah sukses mengadakan rangkaian kegiatan kompetisi Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah bersama Tehbotol Sosro di enam kota di Indonesia, seperti Malang, Solo, Yogyakarta, Majalengka, Palembang dan Pontianak selama lima bulan sejak bulan Juni hingga November 2021.


Tehbotol Sosro mengumumkan tiga pemenang nasional dari kompetisi Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah bersama Tehbotol Sosro. Bertempat di Pos Bloc Jakarta, Tehbotol Sosro menggelar acara puncak Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli dengan menampilkan enam hasil kreasi menu pemenang dari masing-masing kota sekaligus mengumumkan tiga pemenang nasional dari kompetisi ini.


Kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan #LocalsUnite dari Tehbotol Sosro, sebuah gerakan yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada kreator muda, pelaku usaha, dan merek-merek lokal asli Indonesia yang inovatif dan orisinil di kategori makanan dan minuman, pakaian dan seni.


Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi tulang punggung bagi perekonomian nasional, secara gabungan, skala kegiatan ekonomi UMKM memberikan kontribusi sekitar 60% terhadap total Pendapatan Domestik Bruto Indonesia. Pada 2017 lalu PDB Indonesia sekitar Rp13.600 triliun, yang artinya total pendapatan UMKM adalah sekitar Rp8.160 triliun.


Melihat begitu besar potensi yang mengepung UMKM saat ini, Tehbotol Sosro turut berperan serta dalam perbaikan ekonomi Indonesia melalui pemberdayaan UMKM di Indonesia.


Denta Anggakusuma, General Manager PT Sinar Sosro mengatakan ajang ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli’ merupakan salah satu upaya Tehbotol Sosro untuk mendukung penuh pengembangan potensi UMKM di Indonesia.


“Pandemi COVID-19 yang telah berjalan selama dua tahun menciptakan tantangan yang luar biasa terhadap dunia kerja dan usaha, termasuk UMKM di Indonesia terutama yang berada di daerah. Melalui gerakan #LocalsUnite, kami ingin menginspirasi dan menanamkan optimisme para pelaku usaha makanan dan minuman untuk terus berinovasi dan bersemangat untuk melanjutkan kewirausahaanya di tengah pemulihan perekonomian nasional. Dengan didukung oleh pemerintah dan komunitas daerah, kami memberikan pembekalan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM untuk pengembangan kualitas usaha mereka. Kami yakin melalui kolaborasi antara pihak kita dapat saling memberi manfaat, dimana Tehbotol Sosro dan para pelaku usaha, inovator, dan wirausahawan muda dapat saling belajar dan saling mengisi,“ jelas Denta.


Dengan mengikuti program ini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk menggunakan IP (Intellectual Property) Tehbotol Sosro, bimbingan dan pelatihan dari para ahli untuk meningkatkan kualitas dan promosi usaha. Tehbotol Sosro juga bekerja sama dengan pemerintah daerah dan beberapa komunitas lokal dalam menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti pelatihan, workshop, kompetisi, dan penjurian.



Kompetisi ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah bersama Tehbotol Sosro’ berhasil menjaring 497 peserta dari 6 kota dan menghasilkan 600 kreasi resep asli daerah yang mengangkat resep dan bahan baku asli lokal yang dipadukan dengan produk Tehbotol Sosro. Berbagai kreasi resep unggulan diciptakan mengandung cita rasa asli lokal, serta penggunaan bahan baku asli khas daerah serta mengangkat karakter budaya kuliner khas lokal.


Adapun ke-enam kreasi ini antara lain Yogyakarta, Tongseng Kembang Gedang Kuah Tehbotol, Majalengka, Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro, Palembang, Pindang Deleg Sosro Anti Galau, Pontianak: Teh Sejuk Sosro Pontianak, Solo: Creamy Tehbotol Sosro (CreaTos), dan Malang: Teatropple Tehbotol Sosro.


Setelah melewati beberapa tahapan penjurian yang dilakukan oleh tiga dewan juri diantaranya Denta Anggakusuma sebagai perwakilan dari PT Sinar Sosro selaku produsen dari merek Tehbotol Sosro, Chef Dade Akbar serta Handoko Hendroyono sebagai perwakilan dari pelaku industri kreatif, hari ini memilih tiga pemenang kompetisi nasional. Pemenang pertama diraih oleh kreasi menu dari Cik Ari asal Palembang, yaitu Pindang Deleg Tehbotol Sosro Anti Galau. Pemenang kedua diraih oleh kreasi menu dari Renata asal Solo, yaitu Creamy Tehbotol Sosro (CreaTos), dan pemenang ketiga diraih oleh kreasi menu dari Imma asal Majalengka, yaitu Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro.


“Kami melihat semangat, kreativitas dan antusiasme para peserta ini sangat luar biasa, dengan menggunakan bahan khas daerah masing-masing dan mengkombinasikan dengan Tehbotol Sosro dapat menghadirkan rasa baru yang unik dan menambah nilai pada kuliner yang disajikan para peserta. Semoga para peserta tetap semangat untuk berkreasi, karena semangat ini akan menjadi modal untuk para pelaku usaha kuliner untuk berkembang kedepannya,“ jelas Chef Dade Akbar, Pakar Kuliner Kreatif, sebagai salah satu juri.


Sementara itu Handoko Hendroyono, Founder M Bloc Group, menyampaikan apresiasi kepada Tehbotol Sosro atas komitmennya yang selalu mendukung para pelaku UMKM Indonesia melalui gerakan #LocalsUnite. “Ekonomi kreatif itu kekuatannya adalah inovasi dan disertai dengan keterbukaan untuk berkolaborasi, karena dengan kolaborasi, antar pelaku kreatif dapat berbagi ide dan sumber daya yang dimiliki, dengan tujuan memperkuat karya dan kreativitas masing-masing untuk membangun jenama lokal keren yang kuat, berkelanjutan, dan bermanfaat untuk bangsa dan negara yang kita cintai bersama. Selamat saya ucapkan kepada para pemenang ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli’, semoga ketika perekonomian kita semakin membaik, sektor ekonomi kreatif terutama di bidang kuliner akan kembali booming dan tumbuh makin pesat di masa yang akan datang.”