• Novi Amaliyah

Manfaat Mengonsumsi Juice Bayam Segar



Bayam dikenal sebagai salah satu sayur yang dikonsumsi sebagai pembangkit tenaga dimana kaya akan nutrisi sejati, karena akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Itulah mengapa Popeye selalu mengonsumsi bayam untuk mendapatkan kekuatan.


Selama ini bayam dikonsumsi dengan cara direbus dan dimasak sebagai tumisan maupun sayur bening atau paduan sebagai salad. Kalau bosan dengan cara-cara popular bagaimana biasa disajikan. Kamu bisa mengolah bayam sebagai juice maupun smoothies segar untuk menikmati sayuran hijau ini dengan cara lain.


Karena dikonsumsi dalam keadaan segar dan mentah sebaiknya memilih bayam organik jika akan dibuat juice atau smoothie. Pastikan mencuci bersih dengan seksama dalam air mengalir. Bisa juga menambahkan cuka apel dan air hangat ketika mencuci agar terbebas dari residu berbahaya.


Selain baik untuk tubuh ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi juice bayam. Faktanya, ada serangkaian manfaat kesehatan yang Berikut adalah 4 manfaat utama mengonsumsi jus bayam yang didukung oleh penelitian.


Bayam Kaya Antioksidan

Jus bayam kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif dan melindungi dari penyakit kronis. Dengan menambahkan bayam dalam asupan harian, salah satunya dalam bentuk jus adalah salah stau cara yang baik untuk meningkatkan asupan antioksidan. Antioksidan menetralkan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas, sehingga melindungi tubuh terhadap stres oksidatif dan penyakit kronis. Bayam adalah sumber antioksidan lutein, beta karoten, asam coumaric, violaxanthin, dan asam ferulat yang baik. Menurut sebuah penelitian kecil selama 16 hari pada 8 orang, minum 8 ons bayam setiap hari dapat mencegah kerusakan oksidatif pada DNA.


Baik Untuk Kesehatan Mata

Jus bayam kaya akan vitamin A dan antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein, yang semuanya mempromosikan penglihatan sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia, kondisi umum yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan progresif. Sebuah ulasan dari enam studi mengaitkan peningkatan asupan zeaxanthin dan lutein dengan risiko katarak yang lebih rendah, suatu kondisi mata yang meredup dan mengaburkan lensa mata.


Menurunkan Tekanan Darah

Bayam kaya akan nitrat dan kalium, yang dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Dimana senyawa ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Yang pada gilirannya, ini dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Sebuah studi menunjukkan selama 7 hari pada 27 orang ditemukan bahwa dengan mengonsumsi sup bayam setiap hari menurunkan tekanan darah dan kekakuan arteri, dibandingkan dengan kelompok lain yang tidak mengonsumsi. Selain itu satu cangkir (240 mL) jus bayam juga mengemas lebih dari 14% kebutuhan untuk kalium. Mineral yang terlibat dalam mengatur tekanan darah dengan mengendalikan jumlah natrium yang dikeluarkan melalui urin.


Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Jus bayam kaya akan vitamin A dan C, dua zat gizi mikro penting yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

 

 
 

© 2019 yukmakan channel