• Maria Yuliana Kusrini

Masakan Padang Favorit Sari Minang


Sajian ala Minang atau makanan Padang memang terbukti jadi kesukaan hampir semua orang. Bahkan ada istilah yang mengatakan 'belum makan jika belum ketemu nasi'. Dan dari berbagai pilihan nasi yang ada, nasi padanglah yang paling sering dijadikan incaran. Tak heran jika akhirnya ada banyak rumah makan Padang yang bisa dijumpai di berbagai pelosok Indonesia.

Di Jakarta sendiri, ada banyak rumah makan padang dengan konsep atau harga bervariasi. Salah satunya yang cukup legendaris dan punya citarasa sedap, yakni Sari Minang yang berlokasi di bilangan Jakarta Pusat. Lokasinya yang sangat strategis, tak jauh dari Monas serta perkantoran menjadikan restoran ini selalu saja ramai didatangi pembeli.


Mungkin nyaris sama dengan kebanyakan rumah makan Padang lainnya, Sari Minang juga menyuguhkan berbagai lauk pauk. Tapi dari sekian banyak menu yang dimiliki, Sari Minang tetap memiliki beberapa menu unggulan seperti Rendang, Gajeboh, Lidah Panggang, Dendeng Batokok, Udang Goreng, Gulai Kepala Kakap, Gulai Cumi-cumi, dan masih banyak lainnya.

Mungkin bagi sebagian besar orang sudah sangat kenal dengan yang namanya rendang. Tidak hanya menyediakan rendang daging yang nikmat, juga ada menu Gajeboh atau Gajebo atau yang mungkin lebih familiar dengan nama gajih atau lemak. Penikmat sajian padang, khususnya menu gajeboh tentunya akan sangat termanjakan saat bersantap di tempat ini. Gajeboh yang berupa daging sapi dengan lemak tebal yang menempel dimasak dalam kuah kental berwarna oranye kemerahan dengan citarasa gurih, pedas, asin, dan asam.


Olahan daging lainnya, yakni dendeng di tempat ini pun juara! Dendengnya ada 2 pilihan, yakni dendeng basah yang bernama Dendeng Batokok dan dendeng kering yang bernama Dendeng Batokok Balado. Pembeda dari kedua sajian ini adalah dagingnya yang digoreng hingga kering renyah atau yang tidak terlalu kering. Untuk pilihan basah, ada guyuran sambal di bagian atasnya. Sedangkan yang kering, tidak diguyur sambal tapi diberi irisan cabai hijau dan bawang merah.


Sari Minang

Jl. Ir. H. Juanda No. 4, Jakarta Pusat

021 - 34834523

© 2019 yukmakan channel