© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Masakan Rumahan Kalimantan Selatan di Dapur Benua

Tempat makan berkapasitas sekitar 25 seats ini menawarkan sajian rumahan ala Kalimantan, tepatnya Kalimantan Selatan atau Banjarmasin. Bernama Dapur Benua, tempat makan ini dimiliki Nurul, istri seorang diplomat yang telah terbukti jago memasak. Pada Agustus 2018, ia pun membuka bisnis kuliner perdananya yang menyuguhkan sajian khas Nusantara dengan kualitas dan citarasa yang bisa diterima di seluruh benua.




Di Dapur Benua, seluruh resep masakan yang disuguhkan berasal dari pemiliknya langsung. Diungkapkan oleh sang pemilik jika masakan Banjarmasin memang identik dengan olahan ikan air tawarnya. Dan untuk mendapatkan citarasa otentik dan rasa jempolan, ia pun mengambil ikannya langsung dari Kalimantan. Menu unggulan yang wajib dicoba adalah Ikan Bakar dan Pepes Bakar. Kedua menu itu menggunakan ikan patin asal Kalimantan yang terkenal akan kelembutannya dan tidak berbau lumpur atau tanah.

“Ikan patinnya dikirim langsung dari Kalimantan, minimal seminggu sekali. Rasa ikan patinnya berbeda dengan ikan patin yang ada di Jawa, tidak berbau sama sekali,” terang Nurul.


Ikan Patin bakar berupa potongan ikan patin yang disuguhkan bersama dengan lalapan dan sambal bercitarasa pedas asam berkat penggunaan jeruk limo. Daging ikannya lembut, terasa gurih, manis karena menggunakan gula aren, dan benar-benar tidak berbau tanah atau lumpur. Sedangkan untuk pepesnya, berupa potongan ikan patin yang dimasak dengan berbagai bumbu seperti kunyit, sereh, lengkuas, bawang, kemiri, dan belimbing wuluh kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.



Jangan lewatkan juga Laksa Ikan Banjar yang bercitarasa gurih karena menggunakan santan. Selain berisi ikan, laksa ini juga diramaikan buras atau ketupat dan mi beras. Pilihan lainnya yang tersedia di Dapur Benua ini antara lain Sapat Goreng, Seluang Goreng, Soto Banjar Ayam Kampung, Gangan Asam, hingga Ayam Bakar. Berbagai hidangan menggugah selera itu ditawarkan antara Rp 20.000,- hingga Rp 45.000,- per porsinya.


Selain menjual aneka masakan khas Banjarmasin, Dapur Benua juga menyediakan aneka jajanan pasar khas Banjarmasin. Sebut saja Kue Talam Banjar, Sarimuka, Talam Hijau, Amparam Tatak Pisang, dan berbagai jajanan Nusantara lainnya. Dapur Benua buka di hari Senin hingga Sabtu dengan jam operasional 10.00 – 20.00 WIB, Minggu tutup.