© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Membuat Saus Tomat Sendiri di Rumah

Tomat, buah yang termasuk dalam sayuran mengandung banyak manfaat bagi tubuh.Tomat mengandung sekitar 80% dari konsumsi likopen. Lycopene adalah antioksidan kuat yang mendorong kemampuan melawan penyakit, termasuk melawan elemen kanker. Manfaat lain dari mengkonsumsi tomat atau saus tomat adalah melindungi jaringan otak dan saraf, meningkatan kesehatan pada pasien diabetes, mengurangi kolesterol jahat, kesehatan jantung meningkat berkat kadar potasium yang tinggi serta meningkatkan kualitas tidur dan memori.



Selain bisa dikonsumsi dalam kondisi segar atau mentah, kamu bisa mengonsumsi tomat dalam bentuk olahan. Saus tomat atau ketchup adalah olahan tomat yang paling sering dikonsumsi, entah dengan untuk cocolan, paduan pasta untuk menikmati pizza, pasta hingga burger maupun hotdog favorit.


Kalau kamu termasuk pecinta saus cocolan satu ini, kamu bisa mencoba membuat sendiri homemade ketchup atau saus tomat sendiri di rumah. Selain lebih nikmat, saus tomat buatan sendiri juga lebih sehat dan segar karena menggunakan bahan segar. Cara membuatnya pun cukup mudah dan sederhana.


Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain 1 - 2 buah tomat berukuran besar ditambah dengan 3 buah kurma serta 27.5 gram buah tomat yang sudah dikeringkan (sun dried tomatoes). Cara membuatnya, campur semua bahan menggunakan food processor hingga lembut. Tambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa dan sedikit air atau air perasan jeruk lemon jika terlalu kental atau sesuaikan dengan selera. Simpan dalam wadah kaca kedap udara, homemade ketchup ini bisa tahan hingga seminggu. Pastikan simpan dalam lemarin pendingin. Selamat mencoba.


Foto.Dok.Istimewa