• Novi Amaliyah

Mengenal Kefir, Susu Berfermentasi Yang Sehat Selain Yogurt


Pernah mendengar istilah kefir? kefir adalah minuman probiotik tradisional yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi dari daerah Kaukasus. Kefir dibuat dengan memasukaan butiran kefir ke dalam susu sapi, kambing, unta atau domba.


Kefir tradisional dibuat di dalam tas kulit kambin dan digantung di dekat pintu, tas ini akan bergoyang ketika seseorang membuka pintu sehingga susu dan kefir akan tercampur. Sekilas kefir mirip yogurt tapi secara alamiah manfaat susu kefir jauh lebih banyak daripada yoghurt, karena kefir difermentasikan dengan menggunakan kurang lebih 60 jenis mikroba.


Proses fermentasi ini menghasilkan produk susu yang bersoda, asam, dan terasa asam, dengan konsistensi yogurt yang dapat diminum, yang penuh dengan bakteri probiotik dan ragi. Kefir juga sarat banyak vitamin, nutrisi dan mineral yang mudah dicerna.

Kefir produksi rumahan memiliki 60 tambahan bakteri dan ragi yang baik.


Bakteri baik ini akan bekerja membunuh patogen dan bakteri jahat. Kefir dengan kandungan mikroba sehat yang unik akan menjaga keseimbangan bakteri di dalam pencernaan. Kefir bisa menambah probiotik ke segala jenis susu, apakah itu sapi, kambing, atau susu almond.Kefir akan mengubah susu, meningkatkan penyerapan vitamin dan nutrisi.

© 2019 yukmakan channel