• Novi Amaliyah

Mengenal Kopi Cold Brew, Cara Baru Menikmati Kopi Dingin Jadi Lebih Nikmat


Cold Brew Coffee atau kopi yang diseduh dingin adalah salah satu cara penyajian baru kopi yang beberapa waktu belakangan cukup popluer. Dimana bubuk kopi direndam menggunakan air suhu ruang yang kemudian dibiarkan dalam periode waktu tertentu, biasanya berkisar dari 12 - 18 jam atau bahkan lebih lama.

Kemudian ampas kopi disaring dan air seduhan kopi ini disimpan dalam lemari pendingin sebelum disajikan atau disajikan dengan es batu maupun tambahan susu ada juga yang mencampurnya dengan air untuk citarasa lebih ringan.


Proses ini mengekstrak rasa juga kafein dari kopi dan menghasilkan seduhan kopi yang kaya, beraroma, dan menggugah selera untuk mereka pecinta kopi. Seperti kopi konvensional, kopi seduh dingin ini juga nikmat disajikan bersamasusu, krim, dengan atau tanpa gula bisa disesuaikan dengan selera. Cold brew coffee memiliki citarasa yang lebih halus dan lebih lembut serta tingkat keasaman yang berkurang dibandingkan dengan kopi yang diseduh air panas. Ini karena air dingin tidak membawa perubahan kimia yang menghasilkan keasaman serta rasa pahit seperti pada kopi yang diseduh dengan air panas. Cold brew coffee bisa dibilang teknik baru penyajian kopi dingin jadi lebih nikmat.

Berbeda dengan es kopi standar dimana rasanya akan menurun setelah ditambah dengan es batu. Bagi pecinta kopi sejati menjadi alternatif baru menikmati kopi dengan dingin tanpa mengurangi profil citarasa kopi yang sebenarnya. Bahkan kopi ini juga nikmat tanpa diberi tambahan gula maupun krim. Cara Membuat Kopi Cold Brew Untuk membuat kopi cold brew tidaklah sulit yang dibutuhkan adalah kopi bubuk favorit kemudian air dingin atau suhu ruang sebaiknya yang sudah difilter. Kemudian seduh bubuk kopi dengan air sesuai dengan perbandingan tertentu dimana sangat bervariasi, sesuai dengan selera dan bagaimana kopi cold brew ini akan disajikan.


Rasio umum air dan kopi berkisar antara 4:1 hingga 10:1. Kemudian biarkan seduhan kopi disimpan dalawam wadah tertutup dan didiamkan selama antara 12 hingga 18 jam, meskipun ini juga akan bervariasi berdasarkan selera pribadi. Kemudian sari kopi, simpan dalam lemari pendingin dan siap untuk disajikan. Kamu juga bisa menambahkan dengan krim, susu atau gula, kopi cold brew siap disajikan.


Foto: Dok.Getty Images