© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Menilik Sejarah Asal Usul Sirup Maple



Mendengar maple sirup, seketika terbayang lembaran pancake hangat dengan potongan butter leleh, buah strawberry segar serta kucuran sirup maple. Pemanis sebagai pasangan pancake ini begitu melekat sebagai salah satu identitas Kanada yang mendunia. Sirup ini juga bisa dibilang sebagai salah satu komoditi pertanian yang menguntungkan dari getah pohon maple di mana sirup mahal satu ini berasal.


Konon selama selama sekitar 300 tahun,pemanis satu ini terjebak di pedesaan pemukiman awal Northeast Amerika Serikat, kemudian orang Kanada belajar bagaimana sirup maple ini dibuat dari penduduk asli Amerika. Ada juga legenda yang menjelaskan penemuan awalpemanis satu ini. Salah satunya adalah bahwa kepala suku melemparkan tomahawk ke pohon maple, kemudian getah yang keluar dari pohon ini digunakan untuk merebus daging rusa. Versi lain menyatakan bahwa penduduk asli Amerika menemukan getah yang keluar dari cabang maple yang rusak.


Sejak abad ke-17, peternak sapi perah yang ingin menambah penghasilan mereka dari susu membutuhkan sumber pemanis yang lebih baik dan lebih murah daripada gula atau molase dengan mengebor lubang-lubang kecil di pohon-pohon maple selama antara musim dingin dan musim semi. Karena getah pohon maple tidak akan mengalir pada hari-hari ketika suhu sekitar 40 derajat. Para petani biasanya menggantung ember di bawah lubang yang dibor. Setiap sehari atau dua hari, tergantung pada seberapa cepat getah dipohon habis kemudian petani akan mengosongkan ember ke wadah atau tangki yang lebih besar dan mengangkutnya ke “rumah gula” yang biasanya dibangun di hutan. Di sinilah keajaiban terjadi.


Dibutuhkan sekitar 40 galon getah untuk membuat satu galon sirup maple karena getah ini berisi sekitar 98% air.

Pada proses pembuatannya, setelah getah dikumpulkan kemudian dimasak hingga mendidih dengan tungku yang dipanaskan menggunakan kayu hingga tersisa sirup coklat manis. Beberapa produsen memanaskan getah lebih lama dan mengubahnya hingga menjadi gula yangmengkristal.

Seiring waktu, industri berkembang cukup sehingga perusahaan-perusahaan dari Quebec hingga Vermont menggunakan "evaporator" yang siap pakai, yang pada dasarnya wajan penggorengan raksasa dengan kotak api yang dibuat di bawahnya sehingga lebih efisien dibandingkan menggunakan tungku berbahan bakar kayu. Penyulingan getah juga lebih efisien karena menggunakan filter osmosis yang menghilangkan air sebelum dididihkan.


Dok foto.Shutterstock