• Novi Amaliyah

Menilik Sejarah Lotus Biscoff, Biscuit Imut Dari Belgia Yang Rasanya Bikin Ketagihan


Bagi kamu pecinta dessert kekinian dengan paduan Lotus Bicoff pasti sudah tidak asing dengan biskuit imut satu ini. Ada banyak kudapan manis yang dijual dengan paduan biskuit satu ini mulai dari pudding, taburan untuk donat, cake, maupun dengan kopi.

Di negara asalnya, Belgia biskuit imut berbentuk tipis dengan tekstur renyah bercitarasa caramel dan rempah ini disebut speculoos. Kayu manis adalah salah satu rempah yang paling kentara saat menikmati Lotus Biscoff, berpadu harmonis dengan citarasa caramel yang manis dan legit.


Sejarah Terciptanya Lotus Biscoff

Biskuit yang populer di Indonesia sejak tahun lalu hingga sekarang ternyata bukanlah produk baru. Biscuit imut asal Belgia ini ternyata sudah ada sejak tahun 1932. Dimana sebuah bakery bernama Lotus Bakery di kota Lembeke, Kaprijke, Belgia yang didirikan oleh tiga bersaudara Jan, Emiel and Henri Boone.


Pada saat peringatan St Nicholas Day bakery ini membuat cookies dan speculoos yang dibuat sebagai salah satu menu untuk sarapan. Speculoos adalah semacam biscuit berempah yang banyak dikonsumsi masyarakat Belgia, Belanda dan Jerman saat merayakan hari St Nicholas. Dimana dirayakan pada setiap tanggal 5 Desember di Belanda dan 6 Desember di Belgia. Biskuit berempah memang banyak dikonsumsi di negara-negara ini saat Natal.


Biskuit istimewa buatan Jan Boone Sr ini dibuat dengan bahan baku alami yang kemudian menjadi salah satu produk andalan bakery ini dan terkenal dengan spesialisasi biskuit caramel berempah. Biskuit istimewa ini diberi nama Lotus karena mengacu pada bunga lotus yang melambangkan kemurnian, sesuai dengan bahan baku alami yang digunakan untuk membuat biskuit Lotus.


Di tahun 1950-an Jan Boone Sr, memasarkan biscuit buatannya ke café dan restoran, dia bahkan membungkus satu persatu biskuit buatannya sebelum dipasarkan. Seketika biskuit ini menjadi populer tak hanya Belgia tetapi juga di Eropa karena citarasanya yang pas untuk dinikmati bersama secangkir kopi karena biskuit karamel dan kayu manis ini meningkatkan citarasanya masing-masing saat dinikmati bersamaan.


Hingga saat ini biskuit ini menjadi kudapan favorit sebagai teman untuk menikmati secangkir kopi. Atau kamu bisa juga menikmati Lotus Biscoff dengan secangkir susu. Selain dalam bentuk biscuit Lotus Biscoff juga hadir dalam bentuk selai, sandwich biscuit dan ice cream. Sayangnya untuk sandwich biscuit dan ice cream belum tersedia di Indonesia.