• Novi Amaliyah

Mesclun, Salad Selada Muda Segar Yang Kaya Nutrisi


Kamu pasti sering menjumpai istilah Mesclun, atau mesclun greens pada buku menu di restoran ataupun saat berbelanja sayuran segar di supermarket. Istilah Mesclun mengacu pada campuran selada muda. Jumlah macam daun yang digunakan sangat bervariasi, tergantung masing-masing produsen tetapi yang pasti Mesclun adalah campuran daun-daun yang biasa dikonsumsi untuk selada namun daun yang digunakan campuran ini adalah daun muda.

Mesclun sendiri berasal dari kata kerja Portugis mesclar, kata mesclun berarti mencampurkan secara menyeluruh. Dalam hal ini mengacu pada sayuran berdaun muda diantaranya arugula, endive, chervil, selada merah dan hijau muda, bayam baby, sawi, frisée, mizuna, Swiss chard, collard, sorrel,collard muda, dan tatsoi.

Penyebutan pertama dari campuran salad ini tercatat pada akhir 1970-an di Nice, Prancis. Di sana, petani Prancis akan membawa campuran daun-daun muda untuk dijual ke pasar. Mesclun adalah salah satu paduan salad yang serbaguna dan dapat dinikmati dengan berbagai macam sajian, mulai dari daging maupun ikan. Kamu bisa menambahkan irisan bacon, blue cheese, zaitun, paprika hingga kacang-kacangan untuk memberikan tekstur salad.


Penyimpanan dan Kandungan Nutrisi

Simpan semua sayuran hijau dalam wadah tertutup dengan tisu dapur atau kain lembut kemudian simpan dalam lemari es. Jangan mencuci sebelum digunakan, karena dapat membuatnya sayuran muda ini cepat layu.


Seperti sayuran hijau lainnya, campuran mesclun kaya akan vitamin A dan C, dengan dosis kecil kalium, magnesium, vitamin B6, zat besi, dan kalsium. Jika campuran mesclun mengandung banyak bayam kecil, mesclun ini lebih banyak zat besi dan protein. Endive kaya serat dan vitamin K, dan sorrel kaya akan kalsium dan seng. Peppery mizuna kaya dengan antioksidan, dan baby red lettuce mengandung banyak vitamin K. Apa pun paduan daun-daun untuk mesclun adalah pilihan salad yang sehat. Cuci semua sayuran mesclun dengan seksama sebelum dikonsumsi, bisa juga menggunakan tambahan cuka apel dengan air suam-suam kuku untuk membersihkan kuman yang mungkin terbawa.

© 2019 yukmakan channel