• Maria Yuliana Kusrini

Mushroom Totellini Shimeji with Truffle Cream Sauce & Pesto Sauce

Resep dibuat oleh Grand Mercure Jakarta Kemayoran



Bahan Pasta Totellini:

600 gr Tepung Terigu

400 gr Tepung Semolina

3 gr Garam

20 ml Olive Oil

6 bh Telur

4 bh Kuning Telur


Bahan Mushroom Riccota

800 gr Jamur Champignon

200 gr Jamur Shimeji

200 gr Bawang Bombay

100 gr Keju Parmesan

100 gr Keju Riccota

6 gr Daun Thyme

5 gr Garam

3 gr Lada Hitam

100 ml Olive Oil

10 ml Truffle Oil


Bahan Truffle Cream Sauce:

1 lt Krim Masak

5 ml Truffle Oil

250 gr Parmesan Parut

3 gr Lada Hitam


Cara Membuat:

1. Untuk membuat totellininya, campurkan semua tepung dengan garam hingga menyatu. Lalu masukkan telur sedikit demi sedikit, tambahkan dengan olive oil hingga semuanya rata dan teksturnya menyatu atau tidak lengket. Bentuk adonan menjadi pipih.

2. Untuk membuat mushroom riccotanya, cacah jamur dan bawang bombay. Panaskan olive oil di pan kemudian tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan jamurnya dan daun thyme hingga menjadi layu. Bumbui dengan garam dan lada hitam. Matikan api lalu tambahkan keju dan truffle oil.

3. Untuk membuat saus truffle creamnya, panaskan krim dan keju parut dengan menggunakan api kecil. Biarkan sampai semuanya menyatu dan sedikit kental. Tambahkan lada hitam dan truffle oil. Angkat dan dinginkan.

4. Setelah totellininya dibentuk pipih, kemudian isi dengan 1 sendok teh mushroom ricotta dan lipat. Bentuk menyerupai cincin. Kemudian rebus totellini dalam air mendidih. Jika pasta mengambang, tandanya sudah matang. Angkat dan sisihkan.

5. Atur dalam piring saji dan sajikan dengan saus truffle cream dan pesto. Hias dengan menggunakan jamur shimeji dan daun basil.

© 2019 yukmakan channel