• Novi Amaliyah

Nespresso Luncurkan Kopi Sumatra Limited Edition


Kenikmatan citarasa kopi Sumatera di kalangan penikmat kopi memang sudah tidak asing lagi. Dan bagi pecinta kopi sejati, menikmati citarasa kopi single origin tak hanya memberikan pengalaman mencicipi beragam rasa dan keunikan citarasa kopi yang ditawarkan tetapi juga sebagai bentuk penghargaan kepada petani.

Terinspirasi dari keahlian artisan kopi terbaik dunia, Nespresso meluncurkan rangkaian produk Nespresso Master Origins.


Dimana menawarkan kesempatan bagi penikmat kopi untuk merasakan pengalaman mencicip beragam rasa dan keunikan kopi legendaris dari seluruh dunia. Melengkapi rangkaian Nespresso Master Origins, Nespresso meluncurkan seri limited edition terbarunya yaitu Master Origins Aged Sumatra dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 8/10 lalu.

Menggandeng petani lokal dengan pengetahuan dan keahlian di setiap daerah, kopi dalam rangkaian Nespresso Master Origins diproduksi dengan sangat cermat untuk menghasilkan rasa yang sempurna. Master Origins Aged Sumatra menggunakan 100 persen kopi Arabica yang berasal dari perkebunan kopi di pegunungan Gayo, Aceh.


Manu Jiddal, Nespresso Sustainable Operations Project Manager menjelaskan, rasa dan aromatik yang khas tak hanya berkaitan dengan asal daerah kopi, tetapi juga berasal dari proses pembuatan kopi yang secara khusus diolah oleh komunitas petani lokal. Mereka mengolah biji kopi dengan proses giling basah dimana proses tradisional ini tidak ditemukan di tempat lain selain di Sumatera. Proses giling basah ini terdiri dari mengeluarkan ceri biji kopi dan parchment ketika biji kopi masih dalam keadaan basah, dengan tujuan membiarkan udara masuk dan memudahkan proses pengeringan.


Selanjutnya, selama 3 tahun ke depan, biji yang disimpan dibiarkan lembab dan kering dengan proses alami. Biji kopi akan dikemas dengan sangat hati-hati oleh para pengrajin kopi untuk memastikan proses penuaan berlangsung dengan baik. Penggabungan metode giling basah Indonesia dengan proses penuaan yang cermat selama beberapa tahun mengembangkan profil kopi yang khas dan unik. Para penikmat kopi dapat menikmati profil kopi dengan rasa spicy woody dengan tekstur yang lembut. Perpaduan kompleks antara cokelat dan karamel juga dapat dirasakan di kopi ini.


Menurut Manu, sebelumnya Nespresso sudah bekerjasama dengan petani kopi di Bandung, Jawa Barat. Kerjasama ini tak hanya untuk menghasilkan biji kopi terbaik tetapi juga kerjasama jangka dalam panjang yang berkelanjutan. Sesuai dengan komitmen Nespresso secara global melalui AAA Sustainable Program yang menerapkan praktik berkelanjutan dari perkebunan dan sekitarnya.


Program yang diluncurkan sejak tahun 2003 ini juga bekerjasama dengan The Rainforest Alliance. Dimana program ini tak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan jumlah hasil panen tetapi juga memastikan pasokan kopi berkualitas tinggi yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan petani dan komunitas lokal di sekitarnya. Saat ini Nespresso sudah berkerjasama dengan lebih dari 100.000 petani kopi di 13 negara.

Penasaran dengan rasanya, Master Origins Aged Sumatra limited edition ini bisa didapatkan dari 5 Oktober sampai 25 November 2020. Bianca Febriani Marketing Manager Nespresso Indonesia, juga menambahkan jika varian Master Origin Aged Sumatra limited edition ini melengkapi koleksi permanen rangkaian produk Master Origin lainnya seperti Nicaragua, Colombia, Indonesia, India, dan Ethiopia. Rangkaian Nespresso Master Origins tersedia di butik Nespresso dan secara online.

© 2019 yukmakan channel