• Novi Amaliyah

Ngo Hiong, Bumbu Lima Rempah Yang Aromatik


Dalam beberapa resep masakan oriental pasti kita pernah menemukan istilah Five Spice Powder. Five Spice Powder atau bumbu lima rempah ini juga dikenal dengan bumbu ngohiong. Bumbu yang terbuat dari lima paduan rempah-rempah ini meliputi kelima rasa yaitu, manis, pahit, asam, pedas dan asin. Bumbu ini banyak digunakan pada masakan oriental khususnya Tionghoa dan Taiwan.


Bumbu ini terbuat dari paduan rempah seperti , cengkeh, bunga lawang, kayu manis Cassia, merica Szchuan, dan adas. Bumbu bubuk lima rempah di banyak digunakan dalam berbagai macam olahan sajian. Dalam masakan Cina dan Taiwan, rempah ini ditambahkan ke daging rebus atau unggas, selain itu juga ke dalam bumbu rendaman, bumbu untuk makanan panggang, dan bumbu untuk makanan yang digoreng.


Di Cina selatan, bubuk lima rempah biasanya menggunakan kayu manis Saigon dan kulit jeruk, bukan kayu manis dan cengkeh tradisional Cina. Jika kebetulan menemukan versi ini, rasanya akan berbeda dibandingkan dengan bumbu lima rempah dari daerah lain di Asia. Jika tidak memiliki lada Sichuan bisa menggunakan lada hitam sebagai penggantinya.


Memang tidak akan memiliki panas dan citarasa yang sama, tetapi masih akan terasa enak.

Selain menggunakan bubuk bunga lawang bisa juga menggunakan bunga lawang utuh. Sebuah bunga lawang utuh setara dengan 1/2 sendok teh bunga lawang bubuk. Bubuk lima rempah juga dapat dibuat dengan tambahan biji bunga lawang, jahe, pala, kunyit, Amomum villosum, kapulaga, licorice, kulit jeruk, atau lengkuas.

© 2019 yukmakan channel