• Novi Amaliyah

Ngulik Rasa, Dorong Inovasi Kuliner Terkini


Unilever Food Solutions (UFS) sukses menggelar kompetisi Ngulik Rasa. Kompetisi ini digelar dengan tujuan untuk membangkitkan kreativitas pebisnis kuliner Indonesia dalam menciptakan kreasi fusion dari makanan khas Indonesia yang tengah digemari milenial Indonesia. Lebih dari 2.900 pebisnis kuliner dari seluruh Indonesia telah berpartisipasi dalam kompetisi yang digelar sejak 1 September - 31 Oktober 2019 lalu. Para peserta ditantang untuk sentuhan fusion pada tiga kategori masakan yaitu Sate, Soto, dan Nasi Goreng.


“Kompetisi ‘Ngulik Rasa’ ini merupakan sebuah kompetisi yang unik, yang diciptakan sebagai wadah bagi para chef dan pebisnis kuliner untuk berkreasi menciptakan fusion food agar memberi warna baru dalam industri kuliner Indonesia serta memenuhi kebutuhan dari konsumen milenial yang kini mendominasi populasi. Menurut laporan dari Euromonitor, 52,5% millennial Indonesia menikmati makan di luar rumah 3x seminggu sementara riset Unilever Food Solutions di Asia Tenggara mengungkapkan, era globalisasi membuat milenial terpapar dengan banyak hal yang baru, termasuk dalam hal kuliner, salah satunya fusion food yang menjadi salah satu tren kuliner. Didorong tren ini, para pebisnis kuliner dituntut untuk terus berinovasi membuat kreasi yang berbeda dan dapat memikat para millenial. Unilever Food Solutions (UFS) berupaya memfasilitasi kebutuhan tersebut melalui kompetisi Ngulik Rasa dan juga varian produk UFS yang lengkap,” Joy Tarigan, Managing Director Unilever Food Solutions.


Kompetisi Ngulik Rasa menghadirkan beberapa dewan juri, diantaranya Gemita Pasaribu, Country Marketing Manager Unilever Food Solutions Indonesia, Gungun Chandra Handayana, Executive Chef Unilever Food Solutions Indonesia, Chef Bambang Nurianto, Ketua Perkumpulan Chef Profesional Indonesia dan Chef Yuda Bustara.

Para juri memilih 15 finalis (5 finalis untuk setiap kategori), dari lebih dari 2.900 peserta di Indonesia untuk melakukan final cook-off di Jakarta. Para peserta yang memasuki babak final kemudian diadu untuk memasak hasil kreasi masing-masing secara langsung di hadapan para juri kompetisi Ngulik Rasa.



Dari babak final, terpilih 1 pemenang untuk setiap kategori, yaitu Eka, dari Karunia Bumbu Pawon asal Lamongan, Jawa Timur - Pemenang Kategori Soto dengan kreasi Soto Seafood Lamongan Koya Telur Asin, Fabian Budi Seputro dari Sate Ratu asal Sleman, DI Yogyakata - Pemenang Kategori Sate dengan kreasi Sate Kanak dan Gozali dari Gozali Catering asal Balikpapan, Kalimantan Timur - Pemenang Kategori Nasi Goreng dengan kreasi Nasi Goreng Borneo.


Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 50.000.000,- dan workshop digital marketing bagi para peserta dari Foodizz.id dari CRP Group. Untuk menambah kemampuan memasarkan termasuk digital marketing. “Mengelola bisnis, juga berinovasi memberikan layanan ataupun pengalaman baru yang menarik perhatian para konsumen, dan menjaga loyalitas konsumen juga harus dimiliki oleh pelaku usaha kuliner,” tambah Rex Marindo, Founder of CRP Group (Upnormal Coffee & Bakso Boedjangan) & Founder Foodizz.id.

.

© 2019 yukmakan channel