• Maria Yuliana Kusrini

Nyoto Jawa Timuran di Soto Madura Gubeng Pojok Asli

Kulineran pasti selalu jadi agenda wajib jika kita mengunjungi daerah lain. Sayang sekali rasanya jika sudah jauh-jauh datang ke kota lain, tapi tidak sempat untuk mencicipi makanan khas atau yang jadi legendaries di daerah situ. Nah buat yang sedang berkunjung ke Jawa Timur, khususnya Surabaya bisa mencicipi berbagai olahan soto khas Jawa Timuran yang nikmat.


Salah satunya adalah soto ala Madura yang ditawarkan oleh kedai makan bernama Soto Madura Gubeng Pojok Asli. Buka sejak tahun 1947, soto ini memang didirikan oleh sang pemilik yang berdarah Madura. Dan sesuai nama yang digunakan, kedai soto ini memang awalnya berada di dekat Stasiun Gubeng, Surabaya. Soto Madura Gubeng Pojok Asli ini pun sukses menjadi salah satu kedai soto legendaris yang dimiliki Kota Surabaya.

Semangkok soto khas Madura jadi andalan di tempat ini. Tersaji dalam kuah bening berwarna kecoklatan yang berisikan potongan daging sapi serta telur rebus utuh. Potongan dagingnya cukup besar dan tebal. Bagi yang tidak ingin menggunakan telur rebus, bisa memesan soto tanpa telur. Selain menyediakan soto dengan isian daging, kedai soto ini juga menyediakan Soto Buntut atau Soto Campur. Ingin menyantap soto bersama nasi, maka bisa memesannya secara terpisah.

Kuah pada soto ini memiliki citarasa yang tidak terlalu kuat. Jadi buat pecinta asin, bisa menambahkan garam dan kondimen lainnya sesuai selera. Berbagai kondimen itu sudah disediakan di setiap meja, mulai dari garam, sambal, kecap manis, kecap asin, jeruk nipis, dan lainnya. Sambil menunggu soto pesanan sedang diracik, maka kita bisa menikmati Otak-otak Goreng yang juga tersedia di sini.

Soto Madura Gubeng Pojok Asli

Jl. Kusuma Bangsa No. 30, Surabaya


© 2019 yukmakan channel