• Novi Amaliyah

Pentingnya Iodium Pada Usia Pertumbuhan


Garam beryodium atau garam yang mengandung iodium merupakan salah satu asupan makanan yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari. Garam beryodium adalah garam yang sudah difrotifikasi atau ditambahkan mineral iodium di dalamnya. Iodium merupakan salah satu mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Khususnya untuk ibu hamil dan anak-anak pada masa pertumbuhan.


Namun hasil Riset Kesehatan Dasar 2013 melaporkan bahwa 14,9% anak usia sekolah berisiko kekurangan iodium dan Riset Kesehatan Dasar 2018 memperlihatkan 48,9 % ibu hamil menderita anemia.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes mengungkapkan masyarakat mengenal manfaat ioidum sebatas sebagai pencegah penyakit gondok. Padahal dampak iodium sangat luas terutama pada anak-anak di usia pertumbuhan juga di semua lapisan usia.


"Kekurangan iodium dapat mengakibatkan perkembangan otak terganggu. Diperkirakan, 20 juta orang Indonesia menderita GAKI, yang mengakibatkan hilangnya IQ setara 140 juta point," jelasnya dalam acara Royco Baru Dengan Garam Beriodium.

Menurutnya kebutuhan iodium harus diperhatikan bahkan, sejak 1.000 hari pertama kehidupan atau saat masih dalam kandungan. Fungsi idoium sangat penting salah satunya membantu fungsi hormon tiroid bagi tumbuh kembang anak, kekurangan iodium saat dalam kandungan akan berpengaruh pada perkembangan intelegensia, keseimbangan hormon serta petumbuhan tinggi badan.


“Memahami kebutuhan ini, Royco berinovasi melalui rangkaian produknya, terutama Royco Kaldu Ayam dan Sapi yang kini berkomitmen menggunakan garam beriodium. Dengan harga yang tetap sama, kandungan iodium dalam Royco baru sangat baik untuk anak karena dapat membantu membentuk hormon pertumbuhan sehingga perkembangan kecerdasan, fisik dan mental mereka menjadi lebih optimal tanpa mempengaruhi cita rasa masakan khas Royco,” ungkap Hernie Raharja, Director of Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia Tbk.


Foto: Dok.Pixabay


© 2019 yukmakan channel