• Maria Yuliana Kusrini

Peranan Daging Bebek Bagi Tubuh


Sama halnya dengan makanan lainnya, olahan bebek juga punya peranan bagi tubuh. Saat mengonsumsi bebek, tidak hanya kenyang yang dirasakan tetapi juga ada manfaat lain yang didapatkan oleh tubuh kita. Tentunya jika kita mengonsumsinya secara tepat atau tidak berlebihan.

Dalam daging bebek terkandung sodium sebesar 3% yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk menstabilkan kerja otot. Kandungan mineral tembaganya bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental tubuh. Manfaat lainnya dari mengonsumsi bebek adalah terpenuhinya kebutuhan hemoglobin yang dapat mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Itu karena daging bebek banyak mengandung zat besi. Bebek juga baik untuk memperlancar sistem peredaran darah dan menjaga vitalitas kaum pria.

Sedangkan bagi wanita, mengonsumsi bebek dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Daging bebek mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk mengencangkan dan mengenyalkan kulit sehingga terlihat lebih menarik. Bukan hanya kulit, keindahan rambut juga dapat terjaga jika rutin mengonsumsi sajian bebek. Dagingnya mengandung vitamin yang berkhasiat menjaga kesuburan dan kesehatan rambut sama halnya seperti manfaat dari daun seledri.

Dibalik manfaat mengonsumsi bebek yang beragam, tentunya daging bebek juga memiliki kekurangan dan akan jadi buruk bagi tubuh jika dimakan dengan jumlah berlebihan. Hal utama yang ditakuti dari mengonsumsi bebek adalah meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Selain ada lemak baik, daging bebek juga mengandung lemak jenuh yang punya peranan dalam meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Apabila kolesterol tinggi, maka dapat menyebabkan peningkatan resiko penyumbatan arteri. Penyumbatan ini pun akan memunculkan penyakit serius seperti jantung dan stroke. Untuk mencegah itu, ada baiknya membatasi diri dalam mengonsumsi jenis makanan yang tinggi kolesterol dan lemak jenuh seperti olahan bebek ini. Konsumsilah bebek sesuai dengan kebutuhan tubuh kita masing-masing.

© 2019 yukmakan channel