• Novi Amaliyah

Perbedaan Antara Tart dan Torte


Honey Cake
Honey Cake atau Napoleon Cake khas Rusia

Kamu pasti sering mendengar istilah tart dan torte seperti pada chocolate tart ataupun Sacher torte, dua kudapan manis yang cukup populer. Torte, berasal dari kata torta dalam bahasa Italia yang berarti kue yang merujuk pada makanan penutup berlapis-lapis bercitarasa manis atau makanan gurih. Kudapan manis tortes biasanya diisi dengan krim, mousse, selai, dan isian lainnya.


Ada dua jenis torte yang biasa kita jumpai yaitu seperti torte berlapis atau layer torte. Dessert torte berlapis biasanya dibuat dengan lapisan kue bolu atau sponge cake yang kemudian disusun berlapis dengan isian cream, selai hingga mouse. Selain itu ada juga torte yang dipadukan dengan lapisan kulit pastry atau dari lapisan crepes ataupun pancake tipis seperti honey cake dari Rusia atau yang dikenal juga dengan Napoleon Cake.

Kemudian ada torte yang dibuat dengan isian seperti buttercream, mousse, selai, pasta kacang yang manis, meringue, dan masih masih banyak lainnya. Sementara untuk torte yang bercitarasa gurih, biasanya diisi dengan campuran daging, krim, sayuran panggang, keju,

dan banyak lagi.


Beberapa torte yang paling terkenal berasal dari Austria, Jerman, dan Hongaria. Seperti Sacher Torte dari Austria kemudian ada Torte Walnut dari Hongaria atau dios torta dalam bahasa Hongaria, torte tiga lapis yang nikmat ini dibuat dengan lapisan sponge kacang walnut dengan lapisan buttercream dan cokelat. Sedangkan untuk torte bercitarasa gurih ada Lasagna Torte yang secara tradisional sudah dibuat berlapis-lapis, dan bisa disajikan menjadi irisan seperti menyajikan kue.



Strawberry Tart
Strawberry Tart

Sedangkan tart sangat berbeda dengan torte, tart berasal dari kata dalam bahasa Prancis tarte yang berarti menjadi pai atau tart, karena keduanya pada dasarnya sama. Perbedaan besar adalah bahwa pai biasanya memiliki bagian lapisan yang menutupi isiannya.

Semenyara tart adalah pai berwajah terbuka dan artlet adalah kue tart mini.

Tart gurih diisi dengan daging, keju, dan sayuran.

Pada tart yang dijadikan sebagai hidangan penutup ini biasanya terbuat dari pastry drough yang garing dan mudah rapuh kemudian diisi dengan cream custard dengan paduan buah segar sebagai toppingnya. Sedangkan untuk tart bercitarasa gurih ada quiches yang biasanya berisi paduan sayuran seperti bayam, jamur, potongan daging ayam, smoked ham hingga smoked salmon.