top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

PPJI Gelar Edukasi Menu Gizi Seimbang di Moment Ramadan

Di moment Ramadan tahun ini, Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia atau PPJI menggelar sebuah acara menarik. Bertajuk ‘Berbagi Berkah Ramadan Serta Edukasi Menu Gizi Seimbang’ kegiatan itu dilangsungkan di beberapa pesantren dan juga panti asuhan yang tersebar di seluruh Indonesia.



Selain untuk berbagi berkah di bulan yang penuh pahala ini, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pelajaran atau edukasi mengenai pentingnya pemilihan menu bergizi seimbang. Khususnya di moment Ramadan, dimasa sebagai besar orang sedang menjalankan ibadah puasa. Sehingga untuk asupan makanan pun harus memiliki nilai gizi yang lebih baik dari hari biasanya.


Untuk area Jabodetabek sendiri, acara dilangsungkan pada Kamis, 21 Maret 2024 di Yayasan Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Amanah Sawangan, Depok, Jawa Barat. Acara telah berlangsung dari pagi hari yang diawali dengan pemberian edukasi mengenai cara mengolah makanan sehat dan bergizi bersama Chef Fahrur dan Astrid dari DPP PPJI. Acara pagi itu juga sekaligus penyerahan bahan baku makanan yang diolah di dapur pesantren bersama-sama anggota PPJI.


Sore harinya sebelum berbuka puasa, acara dilangsungkan dengan penampilan tim marawis dari pesantren. Kemudian dilanjutkan dengan kultum dan pembacaan doa. Hingga tiba waktunya acara buka puasa bersama dan Sholat Maghrib bersama. Di akhir acara, perwakilan dari PPJI memberikan sumbangan kepada pihak pesantren dan juga kepada para santri putra maupun putri.



"PPJI menginisiasi dalam mengadakan penyuluhan memasak makanan sehat bergizi, termasuk ke sekolah dan pesantren di berbagai daerah. Di sini PPJI sebagai mitra jasaboga pemerintah siap membantu dalam memberikan edukasi, pelatihan, bahkan sertifikasi untuk dapur-dapur di pesantren dan juga yang terlibat dalam pembuatan makanan di pesantren-pesantren, sekolah, dan panti asuhan di seluruh Indonesia. Ke depannya, diharapkan pemerintah bisa lebih memperhatikan penyediaan makanan bergizi seimbang di pondok-pondok pesantren serta panti asuhan di seluruh Indonesia," ungkap Irwan Iden Gobel selaku Ketua Umun PPJI.


PPJI merupakan sebuah organisasi jasaboga yang beranggotakan katering, restoran, hingga UMKM yang bersertifikasi lengkap untuk penyelenggaraan jasa boga dalam jumlah banyak, sehingga sering menjadi mitra strategis pemerintah. PPJI juga aktif berkontribusi dalam pencapaian kesejahteraan rakyat di bidang pangan, mengikuti perkembangan, dan kebutuhan bisnis kuliner. Transformasi dan inovasi akan terus dilakukan PPJI dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Termasuk melakukan pengembangan dan perubahan ke arah yang lebih baik secara Nasional.

  

Comments


bottom of page