top of page
  • alettasumampouw

Produk Makanan Segar dan Wine Terbaik Australia untuk “Taste the Wonders of Australia”

Pada tanggal 21 Mei 2024, Meat and Livestock Australia, berkolaborasi dengan Dairy Australia, Seafood Industry Australia, Horticulture Innovation Australia dan Wine Australia, mempersembahkan menu – menu terbaiknya di Raffles Hotel, Jakarta. Beragam produk makanan segar dan wine segar terbaik Australia disajikan melalui acara khusus “Taste the Wonders of Australia”.



Australian Food and Wine Collaboration Group merupakan kolaborasi dari Meat and Livestock Australia, Dairy Australia, Seafood Industry Australia, Horticulture Innovation Australia, dan Wine Australia. Sebagai bagian dari program promosi selama dua tahun, grup ini menargetkan empat pasar utama di Asia, yaitu Thailand, Korea Selatan, Vietnam, dan Indonesia – dengan program kegiatan berkelanjutan untuk meningkatkan profil produk makanan dan wine Australia serta mempererat hubungan perdagangan antara Australia dan negara – negara di Asia.


Taste the Wonders of Australia untuk Indonesia terdiri dari serangkaian kegiatan, termasuk aktivasi media sosial yang melibatkan lima chef selebriti – Chef Degan Septoadji, Chef Chandra Yudasswara, Chef Vindex Tengker, Chef Vania Wibisono, dan Chef Martin Praja. Dihadiri oleh para chef, importir, distributor, sommelier, peritel, dan perwakilan penting dari pemerintah Indonesia dan Australia, acara ini juga mencakup lokakarya edukasi, pelibatan media, dan makan malam yang menyajikan daging, produk susu, makanan laut, hortikultura, dan wine Australia.



Andrew Cox, Meat and Livestock Australia General Manager International Markets mengatakan, “Indonesia adalah mitra ekspor terbesar Australia di Asia Tenggara dan merupakan mitra dan konsumen industri daging merah Australia yang sudah berlangsung lama. Masyarakat Indonesia menjadi konsumen yang semakin cerdas yang mencari produk yang aman, beragam, dan berkualitas. Daging sapi dan domba Australia sangat dihargai oleh konsumen Indonesia karena kualitas ini. Dengan berkembangnya industri kuliner dan pariwisata di Indonesia, kami memperkirakan akan ada permintaan yang lebih besar untuk daging sapi, domba, dan produk lainnya dari Australia dalam beberapa tahun ke depan.”



Selain produk daging sapi, domba, wine, susu dan buah-buahan, produk seafood merupakan produk yang diminati masyarakat Indonesia juga. Dr Patrick Hone, Seafood Industry Australia CEO of FRDC menjelaskan, “76% persen konsumen Indonesia lebih memilih untuk mengonsumsi ikan segar, menjadikannya pasar yang sangat penting untuk salmon, tuna, kepiting, dan udang Australia. Pada tahun 2030, konsumsi makanan laut per kapita di Indonesia diproyeksikan akan meningkat sebesar 13 persen. Kami berharap dapat meningkatkan penawaran kami ke pasar dengan produk lain seperti abalon dan kerang.”



Australia terkenal dengan produk susu berkualitas tinggi. David Nation, Dairy Australia Managing Director mengatakan, “Dengan iklim Indonesia, ada keterbatasan alamiah dalam hal jumlah produk susu yang dapat diproduksi negara ini. Kami adalah tetangga dekat yang mampu memenuhi permintaan tersebut. Sustainability Framework kami yang diakui secara internasional adalah panduan kami untuk produksi susu yang berkelanjutan. Kami bangga bahwa komitmen kami terhadap masyarakat, karyawan, lingkungan dan hewan ternak kami telah menjadikan kami produsen susu berkelanjutan yang terdepan di dunia, termasuk untuk pasokan pasar Indonesia dengan produk susu yang bergizi tinggi untuk kehidupan yang lebih sehat.”


Mila Bristow, Horticulture Innovation Australia General Manager, Trade and Biosecurity R&D, menjelaskan: “Sebagai produsen utama buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran berkualitas, Australia kini menjadi pemasok hortikultura luar negeri terbesar kedua di Indonesia dari segi nilai. Kedekatan Australia dengan Indonesia berarti bahwa produk kami menarik bagi mereka yang menghargai kualitas dan kesegaran yang tinggi. Produk yang sehat, segar, aman, dan berkualitas tinggi sangat penting bagi Indonesia, seperti halnya bagi produsen Australia. Kami bangga dapat bermitra dengan negara tetangga kami untuk memberikan cita rasa Australia kepada mereka.”



Dr Martin Cole, Wine Australia CEO menambahkan, "Dengan selera konsumen yang terus berkembang, Taste the Wonders of Australia memberi kami kesempatan untuk terlibat langsung dengan para pelaku perdagangan dan influencer utama di Indonesia, sehingga mereka dapat merasakan kualitas dan keragaman wine Australia secara langsung, serta mempererat hubungan dengan para pengekspor wine.”

Comments


bottom of page