top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Rekomendasi Kulineran 9 Negara di Pasar Senggol


Pasar Senggol yang kini sedang berlangsung di Summarecon Mall Bekasi (SMB) memberi warna tersendiri bagi masyarakat, khususnya para pecinta kuliner. Event tahunannya SMB ini selalu menghadirkan deretan kuliner spesial melalui berbagai tenant yang turut mengambil bagian di dalamnya. Tahun ini, Pasar Senggol mengusung tema ‘The Asian Food Journey’ yang pastinya berbeda jika dibandingkan dengan tema-tema di tahun sebelumnya. Sesuai dengan temanya, maka pengunjung Pasar Senggol akan menjumpai berbagai menu spesial dari 9 negara yang ada di Asia. Dan berikut ini menu rekomendasi dari masing-masing negara yang menarik untuk dikunjungi.


Indonesia

Menu Indonesia tentu tak boleh untuk dilewatkan begitu saja saat datang ke Pasar Senggol. Ada deretan makanan dan minuman spektakuler yang bisa pengunjung temukan. Mulai dari makanan khas Bandung, yakni Sate Jando yang begitu hits di kawasan Dago, hingga Seblak Rafael yang sempat viral bisa pengunjung temukan tenantnya di sana. Tak hanya itu saja, jajanan Roti Unyil khas Bogor juga turut meramaikan varian jajanan di Pasar Senggol. Penikmati sajian Nusantara lainnya juga bisa memanjakan lidah dengan deretan menu yang ditawarkan, sebut saja Sambal Bakar, Lontong Medan, Tahu Gejrot, Nasi Jamblang, Pempek, hingga berbagai pilihan bakso.


Malaysia

Bergeser ke kulineran khas Malaysia yang memiliki varian menu yang mirip dengan Indonesia. Ada beberapa pilihan tenant yang mengusung deretan makanan dan minuman khas Malaysia yang bisa dijajal di Pasar Senggol. Mulai dari Es Penang, Nasi Lemak, hingga menu lainnya. Es Penang sendiri mirip seperti es campur yang terdiri dari berbagai kondimen yakni cincau, jelly, selasih, mutiara, buah seperti nangka, kelapa, melon, dan lainnya lalu disempurnakan dengan es serut dan sirup warna merah muda. Sensasi dingin dan manis akan langsung terasa saat menyeruput es satu ini.


Singapura

Bergeser sedikit ke negara selanjutnya, ada Singapura. Seperti kita ketahui jika negara Singapura juga punya sederet menu kuliner khas yang menarik untuk dicicipi. Salah satu menu khas Singapura yang bisa dijajal di Pasar Senggol ada Mee Laksa Singapore. Makanan yang satu ini menjadikan mi sebagai bahan utamanya yang dipadukan dengan kuah santan kental bercitarasa gurih yang kaya akan bumbu rempah. Selain mi, laksa ala singapura ini juga berisi taoge, tahu, telur rebus, suwiran daging ayam, dan lainnya. Tak hanya nikmat, seporsi mie laksa ini juga punya porsinya yang mengenyangkan.


Vietnam

Penggemar olahan khas Vietnam, tentu sudah tak asing lagi dengan sajian bernama Pho. Khusus Pasar Senggol kali ini, terdapat sebuah tenant yang menjual sajian Pho dengan berbagai topping. Pho sendiri merupakan sup asal Vietnam yang kondimen utamanya berupa mi beras. Kuahnya berasal dari kaldu yang diramaikan dengan topping seperti sapi, ayam, bakso, serta aneka sayuran. Untuk sayuran yang digunakan biasanya taoge, daun bawang, daun ketumbar, dan daun mint. Sensasi rasa gurih akan berpadu sempurna dengan sensasi rasa pedas dari sambal serta asam segar dari kucuran jeruk nipis yang menyertai.

Thailand

Negara satu ini juga punya segudang pilihan kuliner nikmat dan menarik untuk dicicipi. Pilihan seperti Tom Yum, Pad Thai, Som Tum, hingga beragam olahan seafood memang tak diragukan lagi kelezatannya. Pasar Senggol pun turut diramaikan dengan beberapa pilihan tenant yang menawarkan sajian khas Thailand. Salah satu jenis kuliner atau camilan ala street food Thailand yang kini sedang viral dan ramai ada crepes yang menjadikan olahan seafood sebagai kondimennya. Pengunjung Pasar Senggol juga bisa menjajal olahan Tha Nom Senbei atau Seafood Fossil Crepes yang unik dan memiliki ukuran besar. Crepes ini menjadikan olahan tepung beras sebagai bahan utamanya yang dipadukan dengan aneka kondimen pendamping atau isiannya. Pilihannya ada gurita atau octopus, kepiting, udang, juhi, hingga cumi-cumi.


Jepang

Bersambung ke pilihan kuliner khas Negri Sakura, Jepang. Sudah pasti ada banyak sekali hidangan khas Jepang yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Mulai dari sushi, sashimi, ramen, udon, takoyaki, dan lainnya. Citarasanya yang memang pas di lidah menjadikan sajian Jepang jadi salah satu menu kesukaan banyak orang. Di Pasar Senggol, terdapat sebuah tenant yang menyajikan es krim ala Jepang. Ada 2 pilihan es krim yang ditawarkan, yakni es krim topping rasa taro berwarna ungu dan es krim topping rasa matcha berwarna hijau. Es krim vanila yang manis dingin dipadukan dengan adonan yang dibentuk menyerupai mi dan dijadikan di atas es krimnya.

Korea

Hidangan ala Korea kini juga sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Hal itu juga karena sedang naiknya minat masyarakat pada cerita drama Korea yang banyak diputar di televisi atau pun demam Kpop. Cukup banyak hidangan korea yang juga disukai masyarakat. Tak hanya makanan beratnya saja, Korea juga punya camilan yang seru untuk dijajal. Salah satunya waffle ala Korea yang memiliki bentuk ikan nan lucu. Waffle ini memiliki isian yang bervariasi, mulai dari cokelat, kacang merah, keju, custard, dan lainnya. Di Pasar Senggol ini, pengunjung juga bisa menjajal waffle unik dan lezat ala Korea itu.


China

Deretan restoran China yang banyak dijumpai di Jakarta, membuktikan jika Chinese food juga punya penggemar. Salah satu yang bisa dijajal di festival kuliner akbarnya SMB ini ada olahan Chi Chong Fan. Sajian ini bercitarasa gurih ini berasal dari Guangdong, China dan kini banyak dikenal sebagai camilan ala Medan. Chi Chong Fan ini berupa olahan tepung beras yang mirip seperti mi lebar kemudian disajikan dengan taburan bawang goreng, kecap asin, dan wijen. Teksturnya yang lembut dan kenyal berpadu sempurna denan rasanya yang asin gurih.


India

Penyuka olahan khas India juga bisa menemukan beberapa tenant yang menyajikan olahan khasnya. Salah satunya ada olahan nasi khas India yang diberi nama Nasi Rempah India. Sesuai dengan namanya, menu ini menjadikan nasi dari beras basmati sebagai bahan utamanya yang diolah dengan menggunakan berbagai bumbu rempah. Sensasi aroma rempah India yang begitu kuat terasa saat menyantap hidangan ini. Nasi rempah berwarna kuning itu pun disajikan bersama dengan sambal merah dan olahan protein yang bisa dipilih. Mulai dari daging domba, daging sapi, daging ayam, hingga telur.

コメント


bottom of page