• Novi Amaliyah

Resmi Akuisisi Acca, Hangry Kini Punya Pilihan Menu India


Abraham Viktor, Co-founder dan CEO, Hangry,
Yohan Andrean Suryadinata, Co-founder Accha dan Abraham Viktor, Co-founder dan CEO, Hangry

Hangry, perusahaan kuliner multi-brand yang selama ini dikenal dengan beragam brand-brand kulinernya yang inovatif baru-baru ini mengakuisisi brand kuliner yang menyajikan kuliner India, Accha dengan nilai akuisisi ratusan miliar rupiah.


Sejak memulai bisnisnya di akhir tahun 2019, Hangry bertujuan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Hal ini diwujudkan melalui sajian makanan dari beberapa brand yang menghadirkan menu-menu seperti ayam geprek, ayam goreng khas Indonesia, ayam goreng khas Korea, menu Gyu don khas Jepang serta brand minuman yang menyajikan racikan kopi dan teh yang dikembangkan sendiri oleh Hangry dengan bisnis model yang berfokus pada layanan pesan antar.


Kini dengan mengakuisisi Accha yang memiliki 17 cabang ini Hangry juga mengumumkan undangan bagi brand-brand F&B untuk bergabung ke dalam House of Winning Brands yang menjadi langkah besar Hangry dalam mengembangkan model bisnisnya, dengan tidak hanya membangun brand sendiri tetapi juga mengakuisisi brand lain.


“Semuanya dimulai ketika Hangry melihat kemajuan yang pesat dalam pertumbuhan Accha. Hangry dan Accha menemukan kesamaan dimana kami memiliki visi, misi, dan filosofi yang sama dalam membangun sebuah brand. Kesamaan ini membuat kami percaya bahwa kami dapat tumbuh lebih cepat dan lebih efisien saat kami bergabung ke dalam satu perusahaan," jelas Abraham Viktor, Co-founder dan CEO, Hangry pada Virtual Conference Accha In Hangry, Kamis 16 Maret 2022.


Chicken Tikka
Chicken Tikka dan Butter Naan salah satu menu dari Accha

Didirikan pada tahun yang sama dengan Hangry, yaitu pada tahun 2019, Accha merupakan pelopor brand kuliner yang menghadirkan sajian menu-menu India dengan sentuhan citarasa lokal serta harga yang terjangkau. Dengan diakuisi oleh Hangry, kini menu-menu dari Accha juga tersedia di semua cabang Hangry, jelas Yohan Andrean Suryadinata, Co-founder Accha.


Menurutnya banyak orang di Indonesia yang dapat menikmati makanan khas Padang dan dapat dikonsumsi secara luas, baik dari segi wilayah maupun usia. Jika diperhatikan, makanan khas Padang memiliki kemiripan dengan beberapa makanan khas India, misalnya kari. "Tetapi, fakta bahwa makanan India belum dinikmati secara luas seperti makanan Padang walaupun memiliki kemiripan, menjadi sesuatu yang mengejutkan,"


Keberhasilan Accha diterima tidak terlepas dari upaya dalam mengedukasi pasar Indonesia bahwa makanan India dapat dikonsumsi setiap hari, seperti makanan Jepang, Cina atau Thailand melalui penyesuaian resep dengan selera orang Indonesia dengan mengurangi porsi rempah yang digunakan setelah melakukan survei tentang makanan India. Setelah akusisi ini Accha dan Hangry akan menghadirkan menu baru berupa ayam goreng dengan bumbu rempah khas India yang akan diluncurkan pada akhir bulan Maret 2022, tutup Yohan.