top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

RM. Lestari, Tempat Makan Legendaris di Jember

Setiap daerah selalu saja punya kuliner khasnya masing-masing dan tempat makan legendaris. Tak terkecuali dengan Kota Jember di Jawa Timur yang juga memiliki deretan tempat makan seru yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah tempat makan legendaris bernama Rumah Makan (RM) Lestari.



Berdiri sejak tahun 1982, RM. Lestari digawangi oleh pasangan suami istri, Ir H. Nyoto Sunaryo dan Hj. Siti Hatidjah. Keduanya mengaku suka makan dan kulineran, hal itulah yang pada akhirnya mendorong keduanya untuk membuka rumah makan. RM. Lestari awalnya hanya berupa tempat makan kecil berkonsep warung yang menjual menu Pecel Lele sebagai sajian utamanya. Seiring berjalannya waktu, usaha ini pun semakin maju dan memiliki banyak pelanggan. RM Lestari makin berkembang di tahun 1985 dan berpindah lokasi ke tempat baru dengan kapasitas ruangan lebih besar.


Berpindahnya lokasi itu pun dibarengi dengan munculnya berbagai hidangan baru yang terus bertahan hingga saat ini. Sebut saja menu istimewa Gurame Cabai Sambal Hijau dan Lidah Goreng Sapi yang jadi menu unggulannya RM. Lestari. Khusus untuk menu Lidah Goreng Sapi, RM. Lestari jadi satu-satunya tempat makan di Jember yang menjual hidangan berbasis lidah sapi. Olahan berbahan lidah sapi ini dibuat menggunakan resep istimewa keluarga yang diwariskan turun-menurun.



Selain kedua menu itu, RM. Lestari juga menyediakan banyak menu spesial lainnya. Sebut saja Ayam Garang Asem, Genjer Udang Tauco, Pecek Terong Tahu Telur, Pecek Terong Bumbu Kacang, Tahu Telur, dan masih banyak lainnya. Total ada lebih dari 90 macam hidangan yang ditawarkan RM. Lestari. Masing-masing ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 60.000,- per porsinya. Kepopuleran RM. Lestari ini pun diperkuat dengan kunjungan Presiden Jokowi saat berada di Jember. Saat itu, Presiden Jokowi mendatangi RM. Lestari dan menyantap beberapa menu seperti Gurame Sambel Cabai Hijau, Es dawet, hingga Bandeng Selimut yang ikan bandengnya disajikan tanpa duri. Tentunya kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini menjadi nilai tambah bagi RM. Lestari.


Diungkapkan oleh Gunawan Wibisono sebagai penerus atau generasi kedua RM. Lestari jika semua sajian di rumah makan miliknya dibuat dengan bahan baku asal Jember. "RM. Lestari jadi resto legendaris di Jember. Istimewanya dari tempat makan ini adalah semua bahan baku yang digunakan dari Jember. Selain itu, RM. Lestari jadi satu-satunya tempat makan di Jember yang menjual menu Lidah Goreng Sapi. Tamu yang datang ke tempat ini juga bisa menikmati es krim legendaris Zangrandi, dimana kami saling bekerjasama sejak tahun 1985 lalu," terang pria yang lebih akrab disapa Sonny.



Tak hanya menghadirkan Hidangan rumahan yang istimewa, RM. Lestari juga disempurnakan dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Mulai dari hiburan band atau live music di saat makan malam, menyediakan beberapa ruang pertemuan, hingga tempat makan yang bisa dipesan untuk dijadikan lokasi untuk menggelar berbagai acara besar seperti penikahan, pertunangan, gathering, dan lainnya. RM. Lestari yang berkapasitas 200 orang ini beroperasi setiap hari antara jam 09.00-22.00 WIB. Saat ini RM. Lestari memiliki dua outlet, yaitu di Jember dan satu lagi di Bondowoso.


RM. Lestari

Jl. RA. Kartini No. 14, Jember, Jawa Timur

0331 - 489162

bottom of page