• Maria Yuliana Kusrini

Roast Turkey

Resep dibuat oleh Chef Andri Stefanus, Executive Chef of The Sultan Hotel & Residence Jakarta


Bahan:

1 ekor Kalkun Utuh

250 gr Mentega Tawar

2 bh Wortel

2 bh Daun Bawang

2 bh Bawang Bombay

2 bh Batang Seledri Impor

2 sdm Thyme Bubuk

2 sdm Garam

1 sdm Lada Hitam


Bahan Isian:

200 ml Kaldu Ayam

500 gr Tepung Roti

200 gr Bawang Bombay, cincang

160 gr Mentega Tawar

10 bh Roti Tawar, potong kotak

2 bh Batang Seledri Impor, potong

2 bh Wortel, potong dadu

1 bh Lemon

3 sdm Daun Peterseli, cincang kasar

1 sdt Pala Bubuk

1 sdt Garam

1/2 sdt Lada


Bahan Saus:

600 ml Kaldu Ayam

225 ml Red Wine

2 sdm Tepung Terigu

1 sdm Garam

1 sdt Lada



Cara Membuat:

  1. Bersihkan kalkun dengan baik dan lap dengan menggunakan tisu. Sisihkan.

  2. Untuk membuat isiannya, panaskan panci lalu masukkan 200 ml kaldu ayam dan masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan apinya dan biarkan kira-kira 10 menit lamanya. Matikan apinya dan sisihkan.

  3. Panaskan wajan, masukkan 160 gr mentega. Tambahkan bawang bombay, seledri, dan wortel. Masak selama 5 menit. Tambahkan thyme bubuk dan daun peterseli, aduk dan masak selama 1 menit sampai semuanya tercampur rata.

  4. Setelah itu, angkat wajan dari kompor. Masukkan potongan roti tawar dan tepung roti ke dalamnya. Masukkan kaldu ayam yang tadi sudah didihkan sedikit demi sedikit. Diamkan sebentar, tunggu sampai semuanya menjadi dingin, lalu sisihkan.

  5. Panaskan oven 180°C. Siapkan wadah tahan panas untuk memanggang. Masukkan potongan daun bawang, bawang bombay, wortel, dan seledri. Kemudian siram dengan menggunakan minyak di bagian atas sayuran itu tadi.

  6. Campurkan 200 gr mentega dengan thyme bubuk, 2 sendok makan garam, dan 1 sendok makan lada hitam. Lalu gunakan campuran ini untuk memarinasi kalkunnya secara merata, hingga bagian dalam kalkunnya juga.

  7. Setelah itu, tutupi kalkun dengan menggunakan allumunium foil, lalu panggang ke dalam oven. Masak dengan suhu 160°C selama 2 jam.

  8. Setelah 2 jam, untuk mendapatkan warna yang lebih menarik, buka allumunium foilnya dan panggang lagi selama 30 menit dengan suhu 180°C untuk mendapatkan warna menarik pada kulitnya. Sebelum memasukkan ke dalam oven, olesi kalkunnya dengan menggunakan jus kalkun yang keluar saat proses kalkun dioven. Biasanya jus itu akan terkumpul di wadah yang digunakan untuk mengoven.

  9. Untuk membuat sausnya, siapkan wajan. Masukkan jus yang keluar dari kalkun, panaskan. Kemudian tambahkan red wine dan 600 ml kaldu ayam. Sesudah itu masukkan sedikit tepung terigu dan asuk. Bumbui dengan menggunakan garam dan lada. Terakhir masukkan mentega. Masak hingga sausnya mengental. Sisihkan.

  10. Sajikan kalkun panggang utuh dengan sausnya, sayuran tumis, dan kentang tumbuk.