• Maria Yuliana Kusrini

Roti Abon Sapi


Foto: Dok. Istimewa

Bahan:

350 gr Tepung Terigu Protein Tinggi

150 gr Tepung Terigu Protein Sedang

150 gr Air Es

50 gr Susu Evaporated

50 gr Telur Ayam

50 gr Margarin

30 gr Kuning Telur Ayam

10 gr Yeast Instan

7,5 gr Garam

3 gr Bread Improver

Abon Sapi secukupnya


Bahan Saus Isian:

50 gr Telur

30 gr Gula Pasir

25 gr Susu Bubuk

25 gr Air Lemon

2 gr Garam

1 gr Lada Bubuk

500 ml Virgin Oil


Cara Membuat:

1. Untuk membuat rotinya, aduk semua tepung terigunya menjadi satu bersama dengan yeast instan, dan bread improver. Kemudian masukkan susu evaporated, telur, dan juga air es. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Masukkan garam dan aduk hingga tiga perempat kalis. Tambahkan margarin dan kocok lagi sampai benar-benar kalis.

2. Diamkan adonan roti selama 30 menit. Kempiskan adonan, kemudian timbang adonan masing-masing 50 gr dan bulatkan. Diamkan kembali selama 15 menit. Giling dan gulung adonan yang sudah dibulat-bulat kecil tadi menyerupai roti hotdog. Lalu susun dalam loyang dan diamkan selama 90 menit. Setelahnya, panggang adonan roti dalam oven dengan suhu 190°C selama 20 menit. Angkat.

3. Untuk membuat saus isiannya, kocok telur, gula pasir, garam, lada bubuk, dan susu bubuk hingga berbusa. Lalu masukkan virgin oil secara sedikit demi sedikit ke dalamnya sambil terus dikocok, hingga adonan mengental. Tambahkan air lemon ke dalamnya dan aduk rata. Sisihkan.

4. Belah roti lalu olesi bagian dalam roti dengan saus isian yang sudah dibuat. Olesi juga bagian atas atau luar rotinya. Lalu taburi atau beri abon sapi di bagian atas roti.

5. Roti Abon Sapi pun siap untuk disantap.