top of page
  • Novi Amaliyah

Saltese Sajikan Ragam Olahan Telur Asin Yang Nikmat


Saltese jadikan telur asin sebagai menu andalan
Saltese jadikan telur asin sebagai menu andalan

Siapa yang tak kenal dengan olahan unik telur bebek yang diasinkan yang juga dikenal dengan sebutan telur asin. Citarasa telur yang populer sebagai makanan khas Brebes ini banyak digemari masyarakat Indonesia. Kini tak hanya dinikmati begitu saja, telur asin kini jadi populer dipadukan untuk beragam olahan makanan.


“Berkaca dari aneka kuliner tradisional Indonesia, telur asin merupakan salah satu santapan yang digemari masyarakat dari berbagai daerah, baik sebagai hidangan utama maupun sambilan. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, Saltesse pun menyulap olahan telur asin menjadi sajian menarik dalam bentuk saus yang dikombinasikan dengan lauk ayam nikmat dan dikemas dalam bentuk rice box. Tentunya, menu ini dapat disantap oleh pelanggan dengan praktis, mudah, dan hemat. Dimakan secara utuh maupun dimakan sebagai bumbu pelengkap, rasa telur asin tetap dapat memanjakan lidahmu," jelas Katherine Tarjoto, Product Development Saltesse.


Beragam menu dengan paduan olahan telur asin yang bisa kamu coba di Saltesse antara lain ada Creamy Salted Egg Chicken Rice dan Spicy Salted Egg Chicken Rice yang gurih dan pedas, hingga kudapan dan hidangan pelengkap seperti Salted Egg Potato Chips yang renyah dan Salted Egg Sauce Jar yang praktis.


Fakta Unik Dibalik Telur Asin

Telur asin ditetapkan menjadi warisan budaya, telur asin awalnya dikenal sebagai santapan yang disajikan pada saat ritual sembahyang kepada Dewa Bumi oleh masyarakat peranakan Tionghoa di Brebes, yang kemudian terkenal menjadi oleh-oleh khas asal Brebes. Berangkat dari sejarah tersebut, pada tahun 2020 Kemendikbud menetapkan telur asin sebagai warisan budaya tak benda. Selain kisah perjalanan yang panjang mengenai telur asin, telur ini dinilai memiliki nilai akulturasi bagi masyarakat Brebes. Bagaimana tidak, olahan telur asin ini telah diterima oleh banyak pihak dari berbagai lapisan strata sosial karena sudah dikomersialkan di Brebes sejak tahun 1950-an oleh masyarakat peranakan Tionghoa.


Siapa sangka dibalik citarasanya yang unik dan nikmat ini proses pembuatan telur asin cukup sederhana dan praktis. Cukup bermodalkan air, garam, dan stoples, telur asin yang gurih sudah bisa tersaji di meja makanmu. Pertama-tama pastikan telur yang akan diasinkan dalam keadaan bagus dan sudah dibersihkan. Agar proses pengasinan semakin optimal, kamu juga bisa mengampelas telur agar pori-porinya terbuka sehingga rasa asin dari garam lebih mudah meresap. Kemudian, masukkan garam ke stoples yang berisi air dan masukkan telur yang sudah dibersihkan ke dalam stoples yang sama. Setelah itu, diamkan selama 10-12 hari dan pastikan telur tidak terkena cahaya matahari. Terakhir, jangan lupa untuk rebus telur dengan api kecil selama kurang lebih 1,5 jam. Sifat telur asin yang bisa diolah menjadi ragam olahan bercita rasa nikmat Tidak hanya sebagai telur utuh, telur asin juga dapat disajikan dalam bentuk bumbu pelengkap, mulai dari bubuk telur asin hingga saus telur asin.


Awalnya, sajian menu berbahan dasar telur asin ini dicetuskan oleh restoran chinese food di Singapura yang kemudian semakin populer hingga merambah ke Indonesia. Akhirnya, berkat cita rasa yang akrab di lidah orang Indonesia dan inovasi unik yang dihadirkan melalui bumbu telur asin, tren ini pun laku keras di tengah pasar hingga menjangkau berbagai kalangan. Melihat antusiasme masyarakat terhadap olahan satu ini, Saltesse turut berinovasi untuk menyajikan menu berbahan telur asin yang bisa disantap secara praktis.



bottom of page